Pariwara

Wali Kota Samarinda Harap Partisipasi Politik Perempuan Meningkat 

Garda.co.id, Samarinda – Tak terasa dua tahun lagi akan memasuki kontestasi politik. Diharapkan partisipasti masyarakat bisa terus meningkat setiap tahunnya. Hal inilah yang diungkapkan oleh Wali Kota Samarida Andi Harun saat memberikan sambutan dalam agenda Sosialisasi Pendidikan Politik Untuk Kaum Perempuan dengan tema “Mendorong Partisipasi Peran Perempuan dalam Pesta Demokrasi”.

Agenda ini digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Samarinda di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Samarinda Jalan Kesuma Bangsa, Selasa (28/06/2022). Dalam kesempatan yang penuh diisi dengan kalangan ibu-ibu PKK, Andi Harun meyakinkan setiap momentum perhelatan politik harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Penting dalam setiap tahunnya harus ada peningkatan partisipasi pemilu,” ujarnya.

Sebab ia mengakui selama ini banyak kebijakan publik yang perlu memhatikan pandangan dari perempuan. Sebut saja persoalan air bersih, pendidikan dan kegiatan sosial lainnya.

“Semua itu kan dengan kegiatan perempuan. Itu sebabnya keterlibatan perempuan harus meningkat setiap tahun,” sebutnya.

Sehingga ia pun mengharapkan dalam setiap kegiatan pengkaderan dari partai politik perlu memperhatikan partisipasi dari perempuan. Namun yang perlu diperhatikan menurut mantan Wakil Ketua DRPD Kaltim itu adalah pengetahuan, karakter serta moral yang tinggi.

“Bahkan sejak memasuki masa remaja di usia 17 tahun, harus ada ditanamkan kepada siswa untuk lebih sadar berpolitik,” tuturnya.

Tak heran ia menaruh harapan penuh dari semua tokoh masyarakat perempuan, mampu memenuhi tingkat partisipasi dalam setiap gelaran politik. Sebab baginya di masa saat ini, perempuan juga sangat dibutuhkan untuk membuat kebijakan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Makanya sejak saat ini perlu dikader tokoh perempuan yang memang memiliki kapasitas dan momentum ini tak boleh dibiarkan begitu saja. Kalau bisa setiap tahun harus ada peningkatan partisipasi dari masyarakat,” tutupnya. (Mr)

BACA JUGA :  Kadisnakertrans Nilai Argumentasi Serikat Pekerja dan Pengusaha Kaltim Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button