DPRD Samarinda

Optimalkan Ekraf, Anggota DPRD Kota Samarinda Dorong UMKM Berinovasi dan Berkolaborasi

Garda.co.id, Samarinda – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda, menyoroti pentingnya meningkatkan promosi dan dukungan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terlibat aktif dalam sektor Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Dalam wawancara, Laila menegaskan bahwa tidak semua pelaku UMKM saat ini terlibat dalam Ekraf, menandakan perlunya kolaborasi lebih lanjut antara pemerintah dan sektor swasta.

Menurut Laila, langkah-langkah promosi dan pemberdayaan UMKM di Samarinda harus diperkuat guna memastikan partisipasi lebih luas dalam Ekraf. Upaya ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan bagi pengembangan UMKM serta meningkatkan kontribusi sektor UMKM dalam Ekonomi Kreatif di wilayah tersebut.

“Ekraf harus dipromosikan, karena tidak semua para pelaku UMKM terlibat. Bagaimana pemerintah atau sektor-sektor swasta terkait ini bisa merangkul para pelaku UMKM yang ada di Samarinda,” kata Laila, Rabu (28/2/2024).

Laila juga menyoroti perlunya persaingan sehat antar UMKM, yang tidak hanya fokus pada penjualan produk tetapi juga pada inovasi dan kreativitas. Ia percaya bahwa persaingan harus mendorong pelaku UMKM untuk tidak hanya berkutat pada ide-ide yang sama, tetapi juga untuk menciptakan dan memperkenalkan produk yang unik dan kreatif.

Untuk mendukung hal ini, Laila menyarankan agar pelaku UMKM dapat mencari inspirasi dan kreativitas melalui berbagai cara, termasuk partisipasi dalam event dan program pemerintah.

“Jadi memancing kreatifitas ini bisa dilakukan bermacam-macam cara, seperti bisa mengikut berbagai event, terlibat dalam program pemerintahan, dan inilah momen para pelaku UMKM untuk dapat bergabung dalam Ekraf”, tambahnya.

Laila menekankan bahwa Ekraf tidak hanya terbatas pada industri kuliner, melainkan juga meliputi beragam produk usaha yang dapat dipromosikan secara kreatif. Hal ini mencerminkan langkah signifikan bagi Kota Samarinda dalam mengakui serta memberikan dukungan terhadap potensi besar yang dimiliki oleh UMKM lokal dalam berkontribusi pada ekonomi kreatif kota.

BACA JUGA :  Damayanti : Pembangunan Infrastrukrur Harus Berimbang Dengan SDM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

56 − 53 =

Back to top button