MetropolisPEMKAB KUKAR

Tingkatkan Produktivitas Nelayan Melalui Penggunaan Aplikasi

DKP Kukar Sosialisasikan Sistem Informasi Daerah Penangkapan Berbasis Android

Garda.co.id, Kutai Kartanegara – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutai Kartanegara (Kukar) menyosialisasikan penggunaan Sistem Informasi Daerah Penangkapan Berbasis Android kepada masyarakat nelayan di Kecamatan Muara Jawa, pada Kamis (14/11/2023).

Di waktu yang sama, agenda serupa juga digelar DKP Kukar di Kecamatan Samboja. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan produktivitas para nelayan di Kukar dengan menerapkan kemajuan teknologi.

Kepala Seksi Pengelolaan Produksi Perikanan Tangkap DKP Kukar, Yusa Abdi menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut tentunya juga sudah selaras dengan Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar yakni Kukar Idaman.

“Kami berharap dengan diadakannya Sosialisasi ini masyarakat nelayan mampu menggunakan fasilitas teknologi yang sudah ada, guna mendukung aktifitas kesehariannya,” ucapnya.

Abdi membeberkan, misi besar diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produktivitas nelayan kedepannya, lebih dari itu kegiatan ini juga sudah selaras dengan program Kukar Idaman yang menargetkan peningkatan fasilitasi terhadap 25.000 Nelayan dan Pembudidaya.

“Penting bagi masyarakat khususnya nelayan untuk mencoba memanfaatkan teknologi yang ada, dan apabila hasil yang didapat dirasa baik dan nelayan dapat beradaptasi dengan hal tersebut maka pemerintah akan terus mendukung serta mengembangkan ke tahap yang lebih baik lagi guna meningkatkan kesejahteraan nelayan,” jelasnya.

Lebih lanjut, sambung Abdi, beberapa jenis fitur yang akan dapat diakses melalui Sistem Informasi Daerah Penangkapan Berbasis Android antara lain perkiraan cuaca, tinggi gelombang, arah arus, serta informasi mengenai lokasi penangkapan ikan-ikan jenis tertentu.

“Besar harapan, dengan adanya teknologi ini nelayan akan mampu mempersiapkan segala keperluannya sebelum melakukan aktifitas melaut,” tutupnya. (Rifai)

BACA JUGA :  Gelar Rapat Kerja, DPRD Kaltim Himbau Perusda untuk Jaga Integritas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =

Back to top button