Politika

Pilkades Malinau Seberang, FSPDMS: Samsul Layak Memimpin Kembali

Malinau, Kalimantan Utara, Garda.co.id – Jelang pemilihan kepala desa (PILKADES) Malinau Seberang yang akan berlangsung pada 28 April 2021 mendatang, Forum Silahturahmi Pemuda Desa Malinau Seberang turut menyoroti calon kepala desa yang siap berlaga untuk menjadi pemimpin nomor satu di Desa Malinau Seberang.

Forum Silahturahmi Pemuda Desa Malinau Seberang menilai Samsul sebagai figur yang tepat untuk melanjutkan kepemimpinan di Desa Malinau Seberang.

“Beliau (Samsul) dikenal sebagai sosok yang tegas, humanis, berprestasi dan juga merakyat. Sehingga masyarakat Malinau Seberang memberikan gelar sebagai Kades yang santun,” ucap Bain sapaan akrabnya.

Mantan Ketua Umum BEM Kesmas Widyagama Arbain, juga mengatakan untuk mendukung Samsul maju sebagai Kades bukan tanpa alasan. Dirinya bersama dengan pemuda yang tergabung didalam FSPDMS telah merasakan pembangunan yang masif dilakukan dalam kepemimpinan 5 tahun beliau.

Dirinya melanjutkan, dalam segi kepemimpinan, Samsul ialah sosok yang begitu dekat dengan masyarakat. Sehingga ini bisa menjadi modal utama bagi calon pemimpin dalam menggerakkan sumber daya yang ada dalam pembangunan desa.

Mantan Pengurus HMI Cabang Samarinda ini juga mengungkapkan, bahwa Desa Malinau Seberang ini memiliki karakteristik yang berbeda dari desa yang ada di Kecamatan Malinau Utara. Maka dari itu, kedepannya dibutuhkan pemimpin yang bisa dan mampu untuk menggali potensi desa.

“Menurut kami, yang membedakan Desa Malinau Seberang dengan desa lainnya di Kec. Malinau Utara ialah sebagai salah satu desa kawasan aktivitas ekonomi dibidang jasa yang menyediakan layanan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat. Aktivitas ekonomi dibidang pertanian yang kita ketahui bersama sebagian besar masyarakat desa malinau Sebrang bermatapencaharian dengan bertani seperti padi, umbi-umbian jagung dan lain sebagainya. selain itu juga aktivitas ekonomi dibidang perikanan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan ikan yang dikelompokkan seperti penangkapan ikan dan pertambakan,” ungkap Bain yang juga mantan aktivis.

oleh sebab itu potensi ini harus dimaksimalkan dengan baik, sebagai kekuatan dan keunggulan dalam pembangunan Desa Malinau Seberang kedepan.

Untuk mengoptimalkan potensi ini tentu di butuhkan kepemimpinan yang kuat, sebagai modal utama bagi calon pemimpin untuk menggerakkan sumber daya yang ada dalam pembangunan desa.

Dan kemimpinan yang kuat itu ada pada sosok Samsul. Hal ini telah dibuktikan selama 5 tahun kepemimpinan beliau menjadi kepala Desa Malinau Seberang seperti dibidang budaya, ekonomi, infrastruktur dan pemerintahan telah dijalankan sebagaimana mestinya.

“Dibidang budaya, menjadikan desa malinau seberang sebagai desa wisata SERINDIT (Serasi,Rindang, Indah, Damai dan Terpadu) sebagai bentuk keseriusan dalam membangkitkan ekonomi kerakyatan di bidang ekowisata, yang menjadi karakter tersendiri bagi desa malinau seberang.

Dibidang ekonomi, dibangunnya fasilitas umum seperti pasar IMBAYA dengan tujuan menumbuhkan titik pertumbuhan ekonomi baru di Desa Malinau Seberang.

Dibidang infrastruktur, dibangunnya kantor desa yang refresentatif serta jalan-jalan penghubung baru dibeberapa tempat yang ada di Desa Malinau Seberang sebagai akses jalan baru yang akan dapat menambah geliat ekonomi masyarakat, dimana yang tadinya belum ada transportasi kini sudah dapat dilalui, sehingga bisa memperbaiki ekonomi masyarakat setempat. Selain itu juga Manfaat pembukaan jalan baru ialah membuka wilayah pemukiman baru.

Dibidang pemerintahan, menjalankan pemerintahan secara baik, bersih dan berwibawa atau good governance yang kredibel, transparan dan akuntabel dalam pengelolaan dan penggunaan anggaran dana desa, dimana menjunjung tinggi keinginan rakyat, aspek fungsional serta pemerintahan yang efektif dan efisien,” pungkasnya.

Oleh karena itu, tentu pencapaian ini harus kita apresiasikan. Samsul sebagai contoh pemimpin yang ingin berbuat untuk masyarakat. Sebagai kades yang sukses, punya visi kedepan memajukan masyarakat, berpengalaman memimpin orang dan organisasi. Tentu dari pengalaman itu, Samsul layak dipilih kembali sebagai calon kepala desa untuk melanjutkan kepemimpinannya di Desa Malinau Seberang.

Lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda (UWGM) ini menegaskan, masyarakat harus turut andil dalam demokrasi Pilkades yang akan berlangsung nanti. Sehingga pemimpin yang terpilih itu merupakan pilihan yang terbaik bagi Desa Malinau Seberang.

“Kepada seluruh masyarakat Malinau Seberang agar tidak salah dalam memilih pemimpin karena cita-cita besar kita untuk perubahan desa kedepannya hanya akan menjadi mimpi belaka, jika pemimpin yang lahir dari kontestasi ini adalah ia (pemimpin) yang hanya bermodalkan janji dan jargon. Tentu kita percaya pada demokrasi. Masyarakat punya hak untuk memilih pemimpin terbaik dalam setiap kontestasi demokrasi,” tutup Bain. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button