PEMKAB KUKAR

Kabar Gembira, Petani Dan Nelayan Juga Bisa Ajukan Kredit Kukar Idaman

Garda.co.id, TENGGARONG – Kabar gembira yang dinantikan oleh seluruh petani dan nelyan di Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya tiba. Kini tidak hanya pelaku UMKM yang bisa mengajukan Kredit Kukar Idaman (KKI). Bupati Kukar, Edi Damansyah secara resmi mengumumkan Nelyan dan Petani juga bisa ajuka KKI, Senin (16/10/2023).

Untuk diketahui program KKI sendiri sudah berjaln sejak 2021. Program ini menyediakan pinjaman kredit dengan kelebihan seperti tanpa agunan dan cicilan nol persen yang selama ini diperuntukkan khusus bagi pelaku UMKM.

Berkat kerja sama Pemkab Kukar dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Bankaltimtara yang nantinya disuport oleh Jamkrida Kaltim. Kini petani dan nelayan juga berhak mengakses program KKI.

“Kami ingin memberikan penguatan dalam akses permodalan yang selama ini menjadi salah satu kendala di lapangan. Yaitu seringnya mereka tersandung permasalahan dengan rentenir terkait modal tersebut,” ujar orang nomor satu di Kukar, Edi Damansyah.

Perluasan jangkauan penerima program ini dilakuka, lantara sektor pertanian dan perikanan merupakan sektor yang sangat potensial di Kukar. Bahkan 42 persen dari total produksi gabah kering giling di provinsi Kaltim berasal dari Kukar. Dan, 80 persen produksi kelautan dan perikanan kaltim berasal dari Kabupaten Kukar.

Dengan perluasan program ini, pemohon kredit dapat mengajukan hingga maksimal Rp 50 juta, atau sesuai hasil analisis di lapangan oleh Bankaltimtara. Dengan jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 bulan dan pembayaran angsuran pokok kredit. Dapat dilakukan dengan pola setiap panen, atau setiap produksi secara periodik sesuai dengan batas waktu akhir pengembalian.

Skema perkreditan ini dirancang, untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses kredit melalui Bankaltimtara, dengan persyaratan yang sangat minim.

BACA JUGA :  Rakor Se-Kaltim, Pemkab Kukar Dukung Baznas Himpun dan Salurkan Zakat

Selain itu, alokasi kredit ini juga dirancang oleh Pemkab Kukar, dengan mengalokasikan penyertaan modal kepada Bankaltimtara. Untuk dapat berkontribusi bagi pengembangan perekonomian daerah di sektor riil.

“Kami yakin Kredit Kukar Idaman ini dapat terselenggara dengan baik yang diiringi dengan proses pengendalian dan evaluasi yang terus menerud bagi perbaikan kualitas layanan oleh Pemkab Kukar dan Bankaltimtara,” tutupnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 5

Back to top button