Pariwara

Setelah Vakum Dua Tahun, Fetival Nusantara Internasional Kembali Digelar di Kota Raja

Garda.co.id, Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Pariwisata kembali menggelar Tenggarong Internasional Folk Arts Festival (TIFAF) di Taman Kota Raja Tenggarong, Rabu (20/7/2022).

Acara festival nusantara tersebut sebelum dikabarakan telah vakum selama kurang lebih dua tahun akibat dari pandemi Covid-19.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi ditemani Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Sultan Adji Muhammad Arifin, Kepala Dinas Pariwisata Bangka Belitung, perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta perwakilan Council of International Organizations Folkore Festivals and Folk Arts (CIOFF), membuka TIFAF 2022 secara seremoni yang ditandai dengan menabuh Gimar.

Perayaan kesenian nusantara ini mendapat dukungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salehuddin Uno.

Pada kesempatannya dihadapan tamu undangan TIFAF 2022 melalui rekaman video, Sandiaga Salehuddin Uno mengapresiasi terselenggaranya TIFAF dan mengatakan bahwa ini merupakan tonggak kebangkitan pariwisata Kutai Kartanegafa pasca pandemi.

“Saya apresiasi pelaksanaan TIFAF 2022 yang telah masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). Ini merupakan tonggak kebangkitan pariwisata Kutai Kartanegara pasca pandemi Covid-19. Semoga acara berjalan lancar dan sukses,” ucap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Senada dengan itu, Wagub, Hadi Mulyadi juga mengapresiasi gelaran acara seni budaya yang mengangkat dan memperkenalkan khasanah budaya lokal dari seluruh kecamatan di Kutai Kartanegara secara nasional dan internasional.

Termasuk melibatkan penampilan seni budaya dari 8 provinsi dan 6 negara.

“Atas nama pribadi dan Pemprov Kaltim, saya bangga dan bersyukur TIFAF bisa kembali digelar, dan harapan saya acara ini diadakan setiap tahun. Dan tidak hanya melibatkan kecamatan di Kutai Kartanegara, tetapi juga dari kabupaten dan kota di Kalimantan Timur,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Pelatihan Aplikasi SIDA di Lingkungan Dinas Kominfo Prov Kaltim

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara, Edi Damansyah mengatakan, pelaksanaan TIFAF 2022 merupakan ajang memperkenalkan sejarah, budaya dan tradisi masyarakat Kutai Kartanegara kepada dunia.

“Jadi mari kita semua sukseskan pelaksanaan TIFAF 2022 di Tenggarong,” katanya.

Diketahui, TIFAF berlangsung mulai 20-24 Juli 2022 digelar di empat lokasi berbeda, yaitu Taman Kota Raja Tenggarong, Amphitheater bawah jembatan Kutai Kartanegara, lapangan parkir stadion Rondong Demang, dan lapangan basket Kelurahan Timbau, Tenggarong.(PB/ADV/KominfoKaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button