Pariwara

Revitalisasi Museum Samarendah, Diusulkan Memiliki Animasi 3D

Garda.co.id, Samarinda РSetiap daerah tentu saja memiliki ragam budaya serta barang-barang peninggalan nenek moyang yang patut dilestarikan guna menjaga identitas suatu tempat. Sehingga penting bagi pemerintah untuk mengumpulkan dan merawat benda-benda ilmu pengetahuan alam, benda- benda seni, dan benda-benda yang memiliki sejarah penting agar tampak bernilai dan untuk dipamerkan kepada masyarakat umum melalui pameran permanen dan temporer.

Melalui Museum Samarendah, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berupaya untuk menjaga serta melestarikan peninggalan Kota Tepian ini. Untuk membangun museum tersebut tak kurang dari Rp 12 Miliar dikucurukan melalui APBD Kota Samarinda, bahkan ada dua sekolah yang menjadi cagar budaya harus dipindahkan yaitu SMA Negeri 1 dan SMP Negeri 1.

Belum lama ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda memberikan usulan kepada Wali Kota Samarinda Andi Harun guna melakukan pembaharuan terhadap museum tersebut. Dengan menyajikan konsep berbeda, yakni dengan berbasis sistem multimedia yang diyakini sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Dalam hal ini, Andi Harun menyampaikan bahwa pihaknya menerima usulan tersebut. Tanpa melupakan masa lalu, ia pun membeberkan dalam rancangan tersebut akan menampilkan suasana SMPN 1 Samarinda dan SMAN 1 Samarinda dengan menyuguhkan suasana pada zaman itu. Saat ini tampilan tersebut hanya berupa mini landscape, sehingga untuk kedepannya akan dibuat lebih menarik lagi, dengan mengajak orang bernostalgia bahwa di lokasi itu sebelumnya ada sekolah bersejarah terbangun disini.

“Ini masih berupa usulan, karena kita harus melihat lagi biaya yang harus menjadi pertimbangan. Untuk seberapa pentingnya serta persoalan biayanya, masih dalam tahap pembahasan oleh TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah),” ujarnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Samarinda ini pun memberikan gambaran. Bahwa meseum kedepannya akan menyajikan pengalaman perjalanan masa lalu dengan suasana yang didesain sedemikian rupa dengan teknologi modern. Sehingga, pada lannscape revitalisasi Museum Samarinda, museum juga akan memaparkan hewan khas Kalimantan Timur (Kaltim) dengan tampilan animasi 3D dengan basis LED tanpa frame melalui videotron.

BACA JUGA :  HUT Satpam ke-42, DPRD Kaltim Minta Kesejahteraan Satpam Diperhatikan

“Sebagai kota peradaban, konsep ekonomi dan pasriwisata serta teknologi menjadi sebuah penerjemahan. Hal ini sejalan terhapad visi Kota Samarinda sebagai kota pusat peradaban,” demikian Andi Harun.(Im/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button