Ragam

Refleksi Akhir Tahun, Sema FH Untag 1945 Wadahi Pemuda Melalui Mimbar Bebas

Garda.co.id, Samarinda– Senat Mahasiswa Fakultas Hukum (Sema FH) Universitas 17 Agustus (Untag) 1945 gelar refleksi akhir tahun yang bertajuk mimbar bebas bagi elemen pemuda dan mahasiswa pada Sabtu (30/12/23).

Ketua Sema FH, Andi Baso Alif Maulana dalam kesempatannya mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan wadah bagi pemuda Samarinda untuk berekspresi dari segi puisi maupun orasi ilmiah.

“Pihak kami menyiapkan wadah untuk teman teman pemuda lokal berekspresi, karena tidak bisa kita pungkiri statement dimasyarakat tentang pemuda hari ini itu sangat buruk, apalagi ditambah dengan adanya istilah gen z dan lain sebagainya,” tegasnya.

Andi Baso menuturkan juga pandangannya yang menyebutkan keberadaan pemuda maupun mahasiswa hari ini masih ada, sebab refleksi ini menjadi tanda tergeraknya hati mahasiswa atas banyaknya ketidakadilan.

Sehingga melalui wadah ini, dirinya berharap akan ada banyak pergerakan yang bisa dilakukan oleh pemuda dan mahasiswa melalui kolaborasi untuk bisa mengontrol segala bentuk kebijakan pemerintah.

“Harapan saya untuk kedepannya semoga makin banyak wadah seperti ini untuk teman teman pemuda berekspresi, karena pada dasarnya pemuda tidak hanya mahasiswa terdapat seniman, musisi dan lain sebagainya, ketika kami bersatu, kami siap untuk menjadi penopang negeri ini di masa yang akan datang,” tuturnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FH Untag Romeo Diaz sampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat bahwa gerakan ini murni berlandaskan substansial.

“Output dari gerakan yang kami bangun hari ini untuk melihatkan bahwasannya organisasi kemahasiswaan masih relevan pada hari ini dan kami siap untuk mengimbangi arus modernitas,” tegasnya.

Bahkan Romeo sapaan akrabnya memiliki berharap mahasiswa jangan terlena mengenai konsepsi pemuda yang tergolong menjadi pemuda bukan cuman mahasiswa saja.

BACA JUGA :  Hilangkan Stereotip Negatif Soal Perempuan, FIM Samarinda Gelar Sekolah Politik Perempuan

“Sebab peran pemuda Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak dapat diragukan lagi. Sumpah Pemuda adalah sebuah hasil yang sangat brilian pada zaman itu,” terangnya.

Romeo juga mengutip dari perkataan Tan Malaka prihal Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki pemuda. Hal tersebut yang menjadi spirit perjuangan dalam membangun kelompok pemuda berkualitas.

“Oleh sebab itu, Kata kata tersebut ditujukan untuk mahasiswa agar bisa membrikan aksi yang nyata kepada lingkungan sosial,” tandasnya. (Mal).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + = 24

Back to top button