Niaga

Potensi Tingkatkan PAD, Kadin Samarinda Harap Pemerintah Berikan Wadah Pedagang Musiman

Samarinda, Garda.co.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Samarinda harap pemerintah dapat berikan fasilitas berupa wadah sementara terhadap para pedagang yang muncul mengikuti musim.

Hal ini sebagai tanggapan maraknya pedagang musiman yang muncul di Samarinda, berjualan dengan berkeliling maupun membuka lapak menggunakan bahu jalan.

Ketua Kadin Samarinda H Muhammad Ridwan berharap pemerintah dapat memberikan tempat khusus terhadap para pelaku usaha ini, sehingga tidak menggunakan tempat-tempat yang dilarang, seperti bahu jalan atau tempat lainnya. Hal ini, guna estetika kota agar tetap terjaga.

“Harapannya pemerintah bisa berikan tempat seperti yang ada di Surabaya. Jadi disana ada wadah khusus, agar tidak menjamur di sembarang tempat,” ungkap H Wawan sapaannya, Senin (17/5/2021) sore tadi.

Menurutnya, apabila terdapat wadah tersebut, itu dapat mempermudah daerah untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mengambil retribusi dari penggunaan tempat yang ada. Meskipun itu bersifat sementara.

Karena apabila para pedagang tersebut dibiarkan, kelak justru akan membuat terlihat menjadi tidak beraturan. Bahkan, berpotensi akan terlihat kumuh wajah Ibukota Kaltim ini.

“Pasti bisa diterapkan di Samarinda kalau ada keseriusan,” ujarnya.

Tentunya, sambung dia, hal ini perlu adanya aturan yang mengikat, sehingga dalam proses pelaksanaannya pun sesuai dengan yang di inginkan. Selain itu, juga dengan pengawasan dari pemerintah.

Diketahui, penjual dadakan ini biasanya akan muncul menyesuaikan musim yang ada. Misalnya, saat sedang musim buah, maka akan ramai berjejer di pinggir jalan menjajakkan barang dagangannya.

“Biasanya kalau sudah musim buah baru ramai nih. Jadi kedepan untuk merapikan wajah kota, perlu di antisipasi dengan menyediakan wadah,” tuturnya.

“Dari wadah itu juga perlu diikat aturan. Jangan sampai nanti malah tempatnya di jual belikan. Kalau begitu kan jadi repot,” tutupnya. (god)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button