Politika

Pasca Pilbup Kutim, Kongbeng dan Wahau Koordinasikan Keamanan

Kutai Timur, Garda.co.id – Masyarakat Kutai Timur berkomitmen menjaga keamanan pasca pilbup Kutim. Untuk itu beberapa kecamatan menggelar rapat koordinasi keamanan. Antara lain di Kecamatan Kongbeng dan Muara Wahau.

Di Kongbeng, rakor bersama muspika berlangsung di Ruang Rapat Kantor Camat Kongbeng, Kamis (10/12/2020).

Turut hadir dalam rapat tersebut, Camat Kongbeng H Furkani, Danramil Muara Wahau Kapten M Jabal, Kapolsek Kongbeng Iptu Satria Yudha, Ketua PPK Kongbeng Joko Budi Santosa, Ketua Panwascam Kongbeng Askardi Sindar, Pimpinan KUA Kongbeng Zulman Arif, Pj Kades se-Kecamatan Kongbeng, perwakilan timses 1, 2 dan 3, serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat.

Kapolsek Kongbeng Iptu Satria Yudha mengatakan, mengenai laporan money politic sekarang sudah ditangani panwascam.

Dengan berakhirnya pilkada ini, ia mengajak masyarakat menjalin silaturahmi dengan baik. Serta jangan ada lagi perbedaan-perbedaan.

“Kami mengajak masyarakat Kongbeng selalu menjaga kamtibmas,” pintanya.

Danramil Muara Wahau Kapten M Jabal mengajak masyarakat bersatu. “Tetap jaga situasi kondusif,” imbuhnya.

Ketua PPK Kongbeng Joko Budi Santosa berterima kasih kepada masyarakat Kongbeng yang berpartisipasi menyukseskan pilkada tahun ini. “Kiranya sekitar 65 persen partisipasi pemilih dari yang ada,” lanjutnya.

Ia menambahkan, dengan adanya aplikasi Sirekap ini, mampu dengan cepat melakukan pelaporan ke KPU. Demi menghindari kecurangan atau manipulasi data.

Panwascam Kongbeng, Askardi Sindar mengimbau masyarakat jangan mudah terpancing isu money politic yang ada di Kecamatan Kongbeng.

“Laporan money politic masih diplenokan dan dalam tahap pengumpulan bukti-bukti dari pelapor,” tegasnya.

Terpisah, Perwakilan Timses 3 Rinto mengatakan, untuk masalah dugaan money politic, mereka menyerahkan sepenuhnya kepada yang berwenang.

“Kami tidak akan mengintimidasi panwascam Kongbeng selama proses berlangsung,” tutupnya.

*

Warga Wahau Sepakat Kondusif

Tak hanya Kongbeng, Muara Wahau pun melaksanakan rakor keamanan pasca pilkada, Kamis (10/12/2020).

Camat Muara Wahau H Ashari berterima kasih terhadap semua pihak atas terlaksananya pilkada ini. “Kita tunggu hasil resmi pengumuman Pilkada Kutai Timur dari KPU,” ucapnya.

Kapolsek Muara Wahau AKP Muhammad Yusuf mengatakan situasi pencoblosan berlangsung kondusif. “Jangan mudah terprovokasi dengan hasil pilkada yang bertebaran di medsos, kita tunggu rilis KPU,” pesan AKP Yusuf.

Koramil Muara Wahau Peltu M Ali mengajak masyarakat tetap menjaga situasi aman hingga proses pilkada berakhir.

Panwascam Muara Wahau Aswadi mengatakan, saat ini kondisi di Muara Wahau masih aman dan terkendali. Adapun hasil rapat koordinasi keamanan pasca pilkada Kutim di Kecamatan Muara Wahau adalah, timses berkomitmen menjaga keamanan pasca pilkada. Semua tokoh masyarakat dan kepala desa turut menjaga situasi kondusif. Masyarakat menyepakati permasalahan dugaan money politic yang telah dilaporkan ke panwascam diserahkan sepenuhnya ke panwas untuk ditindaklanjuti sesuai hukum. (ys)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button