DPRD KALTIMPariwara

Legislator Kaltim Nilai Kutai Lama Berpotensi Kembangkan Kampung Wisata Religi

Samsun : Memiliki Nilai Sejarah Yang Tinggi

Garda.co.id, Kutai Kartanegara  Kutai Lama merupakan salah satu daerah di Kalimantan Timur yang memiliki nilai sejarah tinggi. Sehingga, berpotensi menjadi salah satu tempat yang akan menarik wisatawan untuk berkunjung.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun yang berasal dari Dapil Kutai Kartanegarapun berpendapat demikian. Menurutnya, Kerajaan Kutai Kertanegara berawal di Kutai Lama pada abad Ke-14.

“Kutai Lama memiliki nilai sejarah yang tinggi, apalagi pengembangan agama Islam ada di sana. Makam raja dan ulama besar ada di sana, kalau kita kembangkan maka punya potensi yang cukup besar,” jelasnya saat dihubungi melalui telpon seluler, Kamis (2/6/2022).

Muhammad Samsun membeberkan, saat ini pihaknya sedang mendiskusikan pengembangan Kampung Wisata Religi di daerah Kutai Lama.

“Ini sedang kita bicarakan ke depannya bagaimana, apa yang bisa kita kerjasamakan dan lakukan untuk pengembangan wisata religi di sana. Kira-kira apa yang perlu di-support Provinsi, kalau perlu kita support karena banyak yang bisa kita kembangkan di sana,” jelasnya.

Tidak menutup kemungkinan, lanjut Samsun, Kutai Lama akan menjadi salah satu ikon wisata religi di Benua Etam. Akan tetapi sebelum dikembangkan menjadi salah satu ikon wisata, pemerintah harus membangun infrastruktur dan akses jalan yang memadai.

“Ketika sudah dibangun dan dikembangkan, masyarakat harus menjaganya dan meningkatkan promosi,” ujarnya.

Salah satu promosi yang harus dilakukan yaitu dengan membuat berbagai macam event. Dengan promosi ini, wisatawan akan bertandang ke Kutai Lama. Sehingga, perekonomianpun akan meningkat.

“Bagus jika ada penyelenggaraan event di sana, saya saja sering ke Kutai Lama untuk melihat kondisi di sana,” tegasnya.

Pria kelahiran Jember itupun berharap, agar pariwisata di Kutai Lama bisa berdampak positif bagi banyak orang khususnya dalam pengembangan ekonomi.

BACA JUGA :  Komisi III Angkat Bicara soal Penyetopan 46 Tambang

“Jika banyak wisatawan dan pengunjung datang ke sana, tentunya akan terjadi alur cash flow yang masuk ke daerah tersebut. Akan menyebabkan multiplier effect bagi masyarakat sekitar, semoga bisa segera terealisasi.” harapnya.(DK/ADV/KominfoKaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button