Pariwara

Lansia Kategori Tidak Mampu di Kaltim 81.653

Peringati Hari Lansia, Dinsos Bagikan 50 Paket Bantuan Lansia

Garda.co.id, Samarinda – Peringatan hari Lanjut Usia (Lansia) tingkat Nasional yang jatuh setiap tanggal 29 Mei, di mulai sejak tahun 1996. Sebagai rangkaian peringatan Hari Lansia, Pemerintah Provinsi Kaltim pada hari Lansia Ke-25 tahun 2022 ini menyerahkan Bantuan Sosial kepada 50 Lansia di Kaltim.

50 Lansia itu terdiri dari  10 orang veteran, 10 orang Lansia dari Komisi Daerah Lajut Usia ( KOMDA), 10 orang Lansia pensiunan Dinas Sosial,  7 orang Lansia dari LKS (Lembaga Kesejahteraan Sosial) Harapan Borneo Samarinda, dan 13 orang Lansia dari Pondok Pesantren Manula  Al-Maghfirah Kabupaten Kutai Timur.

Dengan total Bantuan Sosial kurang lebih Rp28 Juta yang diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan asupan gizi para Lansia. Bantuan Sosail yang diberikan terdiri dari paket bantuan Beras 25 Kilogram, Kacang Hijau 2 Kilogram, serta Gula 2 Kilogram.

Kegiatan bakti sosial ini seperti yang disampaikan Plt Asisten 1 Pemprov Kaltim Deni Sutrisno saat menghadiri penyerahan Bantuan Sosial di aula Dinas Sosial Provinsi Kaltim, sebagai wujud perhatian terhadap para orang tua yang tidak boleh dilupakan.

“Ini adalah wujud kepedulian terhadap orang tua, bersyukurlah jika masih punya orang tua. Bahkan Undang-Undang telah mengatur kewajiban untuk menghargai orang tua, sehingga orang tua harus dihormati dan dihargai,” kata Deni, Rabu (14/7/2022).

Hal senadapun juga dikatakan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kaltim HM Agus Hari Kesuma, yang mengatakan pemberian bantuan tersebut karena kita harus memelihara orang tua.

“Terlebih, kewajiban memelihara dan menghormati orang tua  telah ada Undang-Undang yang mengaturnya,“ terangnya.

Di Kaltim terdapat 81.653 Lansia kategori tidak mampu menurut DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Terdiri dari Lansia laki-laki 40.100 orang, Lansia perempuan 41.553 orang. Dengan umur 60 sampai 69 tahun ada 52.975 orang, sedangkan  usia 70 sampai 79 tahun  ada 20.897 orang, dan usia 80 tahun ke atas ada 7. 781 orang

BACA JUGA :  Pemprov Kaltim Berkomitmen Dukung Tumbuhnya 1000 Startup Digital

Dimana urusan rehabilitasi sosial lanjut usia ini, kata Agus, merupakan salah satu sasaran rencana strategis Dinas Sosial, sebagai penerima manfaat dan layanan dari Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).(DK/ADV/KominfoKaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button