DPRD SamarindaPariwara

Guru Segera Dapat Bantuan, Ketua Komisi IV Dukung Langkah Baznas

Garda.co.id, Samarinda – Di tengah dilema insentif guru, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Samarinda merencanakan untuk menyalurkan bantuan guru. Khususnya guru yang masih berstatus honorer dan gajinya di bawah UMK.

Hal ini pun mendapat dukungan dari Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti. Sebab hal ini tentu sangat meringankan beban para tenaga guru yang selama ini mengajar tanpa memikirkan penghasilannya. Tak heran hal inipun mendapat apresiasi dari Puji.

Bahkan Politikus Partai Demokrat itu juga tengah giat mensosialisasikan pembayaran infak dan zakat profesi oleh masyarakat dan pejabat di lingkungan Pemkot Samarinda. “Sehingga tentu langkah Baznas ini sangat mendukung, saya ucapkan terima kasih dengan Baznas,” ujar Puji (17/10/2022).

Diketahui, sebanyak 3.000 guru akan diberikan bantuan Baznas Samarinda berupa uang tunai dan sembako yang nilai totalnya sebesar Rp 500 ribu.

Bantuan diutamakan menyasar para guru honorer, kendati hal ini masih akan dirumuskan lagi bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda.

Ia meyakini, bantuan kepada ribuan guru itu dapat berlangsung setiap tahunnya jika Baznas Samarinda memiliki anggaran yang cukup. Tak sekedar para guru, bahkan penyapu jalan pun akan ikut mendapatkan bantuan. Hal itu juga selaras dengan rencana pembaharuan Perda 3/2007 Samarinda tentang Pengelolaan Zakat.

Sebab, selama ini ada kendala pada pengumpulan dan penyaluraan zakat, infak dan sedekah oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masjid-masjid Kota Tepian. Hanya ada 120 lebih UPZ resmi, dan sisanya tak memiliki kejelasan laporan penyaluran.

“Terserah Baznas menyerahkan ke siapa. Kalau infaq atau sedekah, dengan adanya Perwali atau Perda nanti, koordinasi saja apa yang dibutuhkan pemkot. Semisal bantuan penyapu jalan. Bisa disalurkan, dana baznas atau dana pemkot, macam-macam bentuk kerja sama, yang penting semua tersalurkan,” demikian Puji.(Mr/Adv)

BACA JUGA :  Jaga Kualitas Produksi, Senin Sampai Kamis Perumdam Kuras 2 IPA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

70 − 68 =

Back to top button