DPRD KALTIMPariwara

Genjot Peran Perusda, Komisi II : Upaya Tingkatkan PAD

Garda.co.id, Samarinda – Komisi II DPRD Kaltim berupaya memaksimalkan peran dari Perusahaan Daerah (Perusda) yang ada, guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono mengatakan secara bergiliran pihaknya akan memanggil delapan Perusda Kaltim untuk merumuskan peluang bisnis yang dapat dilakukan berkaitan dengan upaya peningkatan PAD, ia mengaku beberapa waktu lalu baru Perusda PT Migas Mandiri Pratama (MMP).

“Nanti akan kami panggil semua, namun bergantian, hal ini dalam rangka mengevaluasi serta merumuskan peluang bisnis yang bisa ditempuh,” ucapnya Rabu (28/9/2022).

Untuk diketahui delapan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dibawah naungan Pemprov Kaltim yaitu Perusda Melati Bhakti Satya (MBS), Perusda Sylva Kaltim Sejahtera (SKS), Perusda Bara Kaltim Sejahtera (BKS), PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim Kaltara, Perusda Ketenaga Listrikan, PT MMP, PT Jamkrida dan PT Asuransi Bangun Askrida.

Ia mengharapkan nantinya perwakilan perusda yang akan hadir dapat mempersiapkan data lengkap tentang kegiatan yang telah berjalan seperti besaran penanaman modal hingga pemasukan agar pihaknya dapat mengukur apakah sejauh ini perusahaan plat merah itu telah memberikan keuntungan yang signifikan atau tidak bagi PAD.

“Seperti MMP membawa data lengkap termasuk laporan keuangan perusahaan dibuka semua oleh jajaran direktur,” jelasnya.

Setidaknya upaya yang dilakukan itu guna melihat pendapatan dari masing-masing telah memiliki progres atau tidak, maka dari itu menurutnya juga perlu dilakukan evaluasi pemasukan 5 tahun belakangan dan peluang kedepannya.

“Biar menilainya fair dan objektif maka kita juga perlu melihat jalannya belakangan ini apakah ada progres atau tidak, indikator itu yang sedang kita baca untuk semua perusda,” sebutnya.

Komitmen itu juga diperkuat oleh dorongan masyarakat yang ia sampaikan sempat melayangkan surat aduan kepada Komisi II DPRD Kaltim tentang kinerja perusda, ia mengharapkan agar hal itu juga dapat menjadi peringatan bagi pejabat direksi untuk terus meningkatkan kinerjanya.(Rf/Adv/DPRDKaltim)

BACA JUGA :  Bapemperda DPRD Kaltim Bahas 3 Raperda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 4

Back to top button