PariwaraPEMKAB KUKAR

Diskominfo Kukar Gelar Rakor SPBE

Garda.co.id, Kutai Kartanegara – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di Hotel Mercure Samarinda, Rabu, 12 Oktober 2022.

Acara dibuka Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Kukar Totok Heru Subroto. Dia saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, SPBE bukanlah sesuatu hal yang baru bagi Pemkab Kukar.

Dahulu sudah dikenal istilah e-Government atau pemerintahan elektronik yang diatur dalam instruksi Presiden No 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional dalam pengembangan e-Government.

“Pada 2018 terbitlah Peraturan Presiden No 95 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau disingkat SPBE,” ujarnya.

Lanjut Edi, saat ini kita sudah di era digital, maka pola kerja juga harus disesuaikan mengikuti kemajuan teknologi. Digitalisasi pemerintahan melalui SPBE dapat memperluas jangkauan pemerintah dalam melayani publik.

“Target kita ditahun 2024 Kukar sudah bebas blankspot, selain ketersediaan infrastruktur, kompetensi, SDM juga harus ditingkatkan melalui program literasi digital agar manfaat kemajuan teknologi ini benar-benar memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah,” tuturnya.

Menurut Edi Kukar sebagai salah satu kawasan penunjang IKN. Harus siap meningkatkan kualitas masyarakatnya sebagai masyarakat yang inovatif, berdaya saing dan mandiri sesuai dengan visi mìsi  Kukar Idaman. Untuk itu kita harus dapat menyiapkan masyarakat agar dapat beradaptasi dengan teknologi, khususnya teknologi digital.

“SPBE harus dapat menjadi katalis terwujudnya pilar Smart Governance dalam rangka menjadikan Kutai Kartanegara sebagai salah satu Smart City di Indonesia,” kata Totok, membacakan sambutan bupati.(Mk/Adv)

BACA JUGA :  Hasil Musdalub KKB PD Kukar, Rakhmadi Terpilih Secara Aklamasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

73 + = 76

Back to top button