MetropolisPariwara

Delapan Kali Sabet WTP, Laporan Keuangan Dinyatakan Sesuai Standar

Garda.co.id, Samarinda- Setiap tahunnya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kaltim bertugas melakukan pemeriksaan, atas kesesuaian laporan dari pemerintah daerah. Termasuk laporan yang berasal dari Pemerintah Kota Samarinda.

Tahun ini Pemkot Samarinda kembali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP) dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI untuk ke delapan kalinya. Dalam serah terima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021.

Penghargaan ini diberikan langsung pada Wali Kota Samarinda Andi Harun dari Kepala Badan Pemerikasaan Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kaltim Dadek Nandemar, di gedung BPK RI Perwakilan Provinsi Kaltim jalan M Yamin, Rabu (25/5/2022) siang. Diketahui predikat ini telah diraih Pemkot Samarinda sejak 2014 lalu.

“Belum kami baca kan masih dalam segel, nanti setelah sampai di kantor besok, mungkin saya akan baca tapi sejauh ini ketua BPK tadi mengatakan Samarinda oke,” ujar wali kota.

Sehingga ia meyakini pun LKPD tahun lalu sudah sesuai dengan tata kelola keuangan yang baik dan benar. BPK RI tak sembarangan memberikan predikat WTP kepada Pemerintah Daerah.

Sebab menurutnya harus sesuai dengan standar akuntansi pemerintah. Serta kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang dijalankan oleh seluruh instansi yang berada di lingkup Pemkot Samarinda.
WTP.
“Kita berdoa mudah-mudahan tahun depan terus opini tata kelola keuangan kita mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian,” harapnya.

Terpisah Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim, Dadek Nandemar menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada kepala daerah atas kerjasama yang baik selama pemeriksaan di Pemerintahan di Kaltim berlangsung.

“Ini sudah tugas kami dan menyerahkan hasilnya kepada Pemerintah Daerah. Tujuannya untuk  memberikan opini dalam menyatakan suatu laporan keuangan sehat atau tidak,” tutupnya.

BACA JUGA :  Sidak ke SPBU, Komisi III Dapatkan Indikasi Kecurangan

Hari ini berbuah opini BPK wajar tanpa pengecualian, dan kita meraih yang kedelapan kalinya pada tahun ini.

Belum kita baca kan masih dalam segel, nanti setelah sampai dikantor besok, mungkin saya akan baca tapi sejauh ini ketua BPK tadi mengatakan Samarinda oke, Samarinda cukup bagus dalam tata kelola keuangannya sehingga menarik opini wajar tanpa pengecualian itu. (Mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 1

Back to top button