DPRD KALTIMPariwara

Baseball Samarinda for Kids 2022, Ajang Pembinaan Sejak Dini

Garda.co.id, Samarinda – Liga Baseball Samarinda for Kids tahun 2022 secara resmi terselenggara di Lapangan Baseball Softball Komplek GOR Segiri Samarinda, sejak Kamis hingga Minggu (9/10/2022).

Liga ini berlangsung diikuti enam tim, empat tim berasal dari Samarinda dan sisanya dari Balikpapan, yang secara resmi dibuka oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, Sabtu (8/10/2022).

Ketua Umum Pengprov Perserikatan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Kaltim Nidya Listiyono mengatakan liga yang digelar ini sejatinya upaya pembinaan sejak dini. Menurut dia, dalam dunia olahraga perlu dipersiapkan bibit muda nan unggul untuk dijadikan atlet yang kelak dapat berjuang di setiap levelnya, dari tingkat kabupaten kota hingga nasional bahkan internasional.

“Tentu kehadiran Gubernur sangat kita apresiasi,'” kata Tio sapaannya.

Tio meminta kepada pemerintah provinsi maupun kabupaten kota untuk dapat memberikan perhatian kepada para atlet yang ada. Terkhusus pada infrastruktur berupa lapangan yang masih minim.

“Kita berupaya membina dan mencari bibit muda untuk bisa menyiapkan diri guna mengharumkan nama Kaltim ke depan,” tukasnya.

Tio pun berharap olahraga Bisbol dan Sofbol ke depan dapat dipertandingkan pada event-event besar lainnya, tidak seperti Porprov yang ada di Berau tahun 2022 ini.

“Karena ketika ada pekan olahraga, itu merupakan sebuah ajang untuk melihat dan melatih kualitas para atlet yang sebenar-benarnya,” jelas Tio.

Gubernur Kaltim Isran Noor menyampaikan pembinaan harus terus dilakukan bahkan dimulai sejak dini. Seperti anak-anak ini, sejak kecil sudah menjadi atlet, hingga nanti berkelanjutan sampai dewasa.

Isran berpesan kepada para atlet cilik ini ketika berlatih maupun bertanding harus memiliki semangat juang dan semangat tanding. Selain itu, juga percaya diri dalam berolahraga.

BACA JUGA :  Pasca Lebaran, Pasar Harus Terbebas Dari Kesan Kumuh

“Kalau kalian percaya diri mampu memenangkan bertandingan, maka itu sudah 55 persen kemenangan itu ditangan kalian,” ungkapnya.

Tetapi, kebalikannya lanjut dia, jangan ada rasa minder atau rasa kalah sebelum bertanding sebab beranggapan lawan atau tim lain lebih kuat.

“Ini tidak saja dalam hal olahraga, tapi segala hal dan bidang. Jangan, jangan ada rasa minder, tidak boleh ya. Kalian harus punya semangat juara, oke,” pungkasnya.

Ketua Panitia Liga Baseball Samarinda For Kids Season 2, Ferry Irianto menyebutkan liga diikuti enam tim, terdiri tim Baseball Samarinda Kota, Samarinda Utara, Samarinda Ilir, Samarinda Ulu, serta tim Baseball Balikpapan A dan Balikpapan B.

“Jumlah atlet yang bertanding 70 orang dan tim ada tergabung atlet putra putri untuk kelompok umur untuk kategori,” ujarnya, seraya menambahkan kedepannya peserta bisa lebih banyak, sehingga kategori umur dan putra putri bisa dipisahkan.(Rf/Adv/DPRDKaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =

Back to top button