Ragam

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa KKN Gotong Royong dan Tanam Bibit Pohon Bersama Masyarakat

Kutai Kartanegara, Garda.co.id Sekelompok mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai langkah mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian tersebut berupa gotong royong dan penanaman bibit pohon di taman samboja, kelurahan kuala samboja, kecamatan samboja, kabupaten kutai kartanegara, sabtu (17/7/2021).

Pengabdian ini dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Ke – 47 Universitas Mulawarman (UNMUL), wilayah Ibu Kota Negara (IKN) 14 Kuala Samboja bersama stake holder dan masyarakat setempat.

Ketua KKN IKN 14 Kuala Samboja, Muhamad Alif Rahim Dohi menyampaikan kegiatan gotong royong dan penanaman bibit pohon ini sebagai upaya menjaga dan melestarikan alam, selain itu juga fungsi dari pepohonan dan tanaman hijau berperan besar sebagai filter debu dan asap kendaraan bermotor, bahkan tentunya udara jernih menjadi hal yang sangat diperlukan dari adanya penanaman bibit pohon dan pelestarian lingkungan tersebut.

Melalui kegiatan ini pihaknya ingin mengembalikan salah satu fungsi taman sebagai ruang interaksi sosial serta sebagai alternatif sarana refreshing bagi masyarakat kuala samboja, kata Rahim kepada garda.co.id Sabtu (17/7/2021).

Plt Lurah Kuala Samboja, Usman mengungkapkan keberadaan lingkungan yang bersih dari sebuah taman pun menjadi begitu penting, karena taman merupakan salah satu alternatif tempat hiburan masyarakat, khususnya bagi anak-anak. Ada ruang terbuka untuk bersosialisasi, bermain, belajar dan berkreasi.

“Taman juga dapat menjadi tempat pelestarian tumbuhan dan paru-paru hijau di suatu kawasan, dan apalagi yang di lakukan saat ini akan berguna bagi kehidupan generasi selanjutnya, dalam kegiatan ini pula terkait protokol kesehatan dan pembatasan orang tetap dilakukan untuk mematuhi peraturan yang ada,” ungkap usman.

Ketua Karang Taruna Kuala Samboja, Ferri secara terpisah menjelaskan kegiatan gotong royong dan penanaman bibit pohon ini salah satu langkah yang sangat alternatif untuk bisa menjaga dan melestarikan lingkungan yang ada di taman samboja, karena melihat dari segi kondisi taman samboja sendiri bayak hal yang harus diperbaiki dari sampah yang berserakan dan juga masalah pepohonan dan tanaman hijau yang masih sangat kurang disana.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa KKN UNMUL, kegiatan tersebut sebagai langkah kongkrit untuk menjaga dan melestarikan taman samboja,” tutup Ferri. (*od)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button