DPRD SamarindaPariwara

TPG Tak Ada Dalam RUU Sisdiknas, Ditentang Wakil Ketua Komisi IV

Garda.co.id, Samarinda – Dalam Prolegnas Prioritas Perubahan Tahun 2022 pemerintah mengusulkan  Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) dalam Prolegnas Prioritas Perubahan Tahun 2022 kepada DPR RI. Namun hal ini justru dinilai tidak mensejahterakan guru dan tenaga pendidik.

Sehingga persolana ini pun menjadi sorotan bagi Wakil Ketua komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sani Bin Husain. Sebab didalamnya tidak mencantumkan pasal Tunjangan Profesi Guru (TPG) dalam rancangan tersebut. Tak heran ini mendesak

“Saya mendesak Kemendikbudristek tak menghilangkan poin tersebut.  Karena draft yang saya terima sungguh mengingkari logika publik. Saya atas nama rakyat di daerah menolak tegas penghapusan pasal tentang tunjangan guru, tunjangan daerah terpencil, tunjangan dosen, dan tunjangan kehormatan dosen.

Sebab menurut Ketua Fraksi PKS, hal ini sama saja mematikan profesi guru dan dosen, sebutnya   saat dihubungi melalui via telepon, Kamis (1/9/2022). Ia sendiri sebelumnya memang berprofesi guru.

Tak herna ia pun meminta kepada semua pihak berkontribusi. Termasuk anggota di parlemen bisa membantu menyalurkan aspirasi guru seluruh Indonesia. Sebab menurutnya pembahasan RUU Sisdiknas ini tidak perlu terburu-buru.

“Ada lagi soal SNP (Standar Nasional Pendidikan) itu naskah akademik yang dipakai, dugaannya dilakukan satu lembaga riset di tiga kabupaten saja. Padahal ada 500-an kabupaten/kota di negara ini,” sebutnya.

Termasuk yang ia sesalkan adalah hilangnya mata pelajaran sejarah yang menjadi muatan wajib pada Pasal 93 RUU Sisdiknas. Hal tersebut serupa dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 tahun 2022.

“Padahal pelajaran sejarah adalah bagian dari cara kita mewariskan pelajaran berharga pagi anak didik dan akan membentuk karakter mereka di masa depan,” tutup Sani.(MR/ADV)

BACA JUGA :  Kaltim Kembali Terima Penghargaan K3 Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button