PariwaraPEMKOT Samarinda

Tiap Rumah Bakal Terpasang Jaringan Pipa Gas, Wali Kota Dorong Penggunaan Energi Terbarukan

Garda.co.id, Samarinda – Dalam rangka menunjang kebutuhan rumah tangga masyarakat Kota Samarinda, Pemkot Samarinda rencanakan akan memasang jaringan pipa gas. Wali Kota Samarinda, Andi Harun, mengatakan, perencanaan tersebut disiapkan dalam usulan rapat yang menyangkut tentang IKN.

“Kota Samarinda ini sebagai penunjang IKN tentu harus mempersiapkan berbagai fasilitas bagi masyarakat, salah satunya adalah penggunaan energi terbarukan,” kata Andi Harun, Selasa 14 Februari 2023.

Dia mengatakan, nantinya seluruh layanan energi gas rumah tangga masyarakat tidak lagi bertumpu dan bergantung pada gas LPG yang saat ini beredar. “Kami akan memiliki stasiun pengisian gas, yang bisa dioperasikan layaknya PDAM, tentu ini bentuk cita-cita kita dan harapan kita mudah-mudahan bersinergi dengan perencanaan IKN,” ujarnya.

Andi Harun menyebut, upaya itu sekaligus juga sebagai mengokohkan Kota Samarinda menjadi penyangga IKN. “Ini sekaligus sebagai bentuk respon Pemkot dalam rangka melaksanakan mitigasi dan adaptasi dalam perubahan iklim, karena masih banyak warga kita yang menggunakan minyak tanah atau pembakaran dari batu bara. Nah kalau masih menggunakan energi fosil atau oil itu belum beradaptasi perubahan iklim namanya,” paparnya.

Menurut Andi Harun, di Kota Samarinda pelayanan energi rumah tangga berbasis gas sudah dimulai, sebagian wilayah ada yang telah menerapkan tetapi baru di kawasan tertentu. “Untuk sekarang penerapan energi gas baru ada wilayah Makroman, karena disana ada anak perusahaan dari Pertamina, kita ingin kedepan semua sudah memakai sistem gasifikasi,” jelasnya.

Andi Harun juga menjelaskan, kedepan Pemkot Samarinda tentu akan memastikan keamanan dalam penggunaan jaringan pipa yang di pasang disetiap rumah masyarakat Kota Samarinda, sehingga masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir. 

“Yang pasti akan dikonstruksi pihak yang expert di bidangnya, safety sistemnya akan menjadi perhatian yang sangat serius. Artinya, semua aspek keamanan akan menjadi perhatian,” pungasnya. (RW/ADV/PEMKOT)

BACA JUGA :  Hasil Reses, Anggota DPRD Kaltim Terima Keluhan Sulitnya Akses Informasi BKT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 2

Back to top button