Pariwara

Target Tingkatkan Status Predikat KLA, Rusmadi : Perspektif Pembangunan Harus Ramah Anak

Garda.co.id, Samarinda – Saat ini Kota Samarinda telah menyandang predikat Kota Layak Anak (KLA) di peringkat madya. Untuk mendapatkan predikat itu tentu memerlukan upaya untuk mewujudkannya.

Hal inilah yang menjadi fokus Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi saat melakukan rapat dengan sejumlah dinas teknis, Senin (20/6/2022). Dalam pertemuan tersebut ia meminta agar ke depannya seluruh fasilitas perkantoran juga mendukung untuk peningkatan predikat KLA Kota Samarinda.

Tak heran orang nomor dua di Samarinda itu pun meminta agar seluruh perkantoran pemerintahan melakukan rehabilitasi untuk mendukung fasilitas bangunan terhadap ramah anak.

“Karena saat ini persoalan ramah anak bukan lagi isu masa kini. Namun yang perlu disadari adalah hak anak ketika sudah lahir, perlu mendapatkan perhatian sebagai pemilik masa depan bangsa,” tuturnya.

Tak hanya itu saja ia juga meminta agar Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk tidak melupakan persoalan ini. “Fasilitas ini perkantoran juga penting untuk benahi,” ujarnya.

Adapun aspek yang perlu dibenahi sebut Rusmadi diantaranya berkaitan dengan infrastruktur jalan dan pembangunan perkantoran. Sehingga ke depannya, ia meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak bekerja sendiri.
“Perspektiknya pembangunannya harus yang ramah anak. Semua yang berkaitan harus kerja terpadu, termasuk melibatkan perguruan tinggi,” paparnya.

Terpisah Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Samarinda Deasy Evriyani, menjelaskan saat ini poin untuk Samarinda di tingkat Provinsi Kaltim sudah ada kenaikan dari tahun sebelumnya. Bahkan dari seluruh kabupaten/kota, Samarinda menjadi satu-satunya kota yang mendapatkan predikat naik kelas.

“Secara internal kami di pemkot telah melakukan assessment dan mengantongi 708,7 point sebagai modal awal, sehingga kita harus optimis dari hasil verifikasi bisa mendapatkan predikat nindya,” ucapnya.

BACA JUGA :  Lantik 234 Pegawai, Walikota Samarinda: Biasakan Bekerja Secara Tim

Tak lupa ia juga mengharapkan kerjasama dari para OPD yang berkaitan dengan pemenuhan KLA. Khususnya dalam membenahi fasilitas yang ada di perkantoran.
“Membantu untuk mengupdate kembali data-data pendukung fasilitas terbaru di instansinya hasil inovasi dukungannya terhadap ramah anak,” tutupnya. (Mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button