DPRD SamarindaPariwara

Sesuaikan Instruksi Pusat, Ketua Dewan Dukung Langkah Pemkot Samarinda Tekan Inflasi Daerah

Garda.co.id, Samarinda – Upaya menekan inflasi nasional kepada seluruh daerah, telah diinstruksikan melalui peraturan Menteri Keuangan (PMK) 134/PMK.07/2022  tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022, dan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 500/4825/SJ tentang Penggunaan Belanja Tak Terduga dalam rangka Pengendalian Inflasi di Daerah.

Hal ini pun telah ditindaklanjuti oleh Pemkot Samarinda, diketahui Wali Kota Andi Harun mengumumkan gelontoran dana senilai Rp 16,5 miliar dalam bentuk bantuan sosial. Hal itu tak lain guna menunjang daya beli masyarakat di Ibukota Provinsi Kaltim ini.

Upaya itu pun mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Kota Samarinda, Sugiyono. Ia memastikan selalu  mendukung atas upaya  Pemerintah Kota Samarinda dalam mengendalikan inflasi pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Sudah pasti kami mendukung dan mendorong, supaya pemkot terus berupaya semaksimal mungkin menekan inflasi daerah,” ungkap Sugiyono, beberapa waktu lalu.

Politisi asal PDI-P ini menyebut, seyogyanya Pemerintah Daerah harus melakukan upaya pengendalian inflasi. Apalagi sebutnya, Pemerintah Pusat telah menganggarkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp10 miliar untuk daerah yang dinilai mampu mengendalikan inflasi.

“Apalagi dari pusat ada menjanjikan bonus Rp 10 miliar dalam bentuk DID (Dana Insentif Daerah). Tentu kita akan terus memberikan dukungan,” terangnya.

Lebih lanjut Sugiyono menuturkan para eksekutif yang terus berupaya mengendalikan angka inflasi akan senantiasa mendapat dukungan dari para wakil rakyat. Ia pun tak menampik bahwa Samarinda masih berada di posisi aman untuk inflasi daerah.

“Sejauh ini saya lihat belum ada harga barang yang bergejelok, kecuali telur. Semuanya normal, kecuali paling tinggi di Pasar Merdeka itu,” tutup Sugiyono.(Mr/Adv)

BACA JUGA :  Berbagi Manfaat, PT MKE dan Barmuda Gelar Khitanan Massal di Desa Salo Cella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 8 = 1

Back to top button