Pariwara

Sambut IKN, Andi Harun Tingkatkan Potensi Mahakam Sebagai Wisata Smart City dan Smart Tourism

Garda.co.id, Samarinda – Pendapatan melalui pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf) saat ini terus digenjot oleh pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pasalnya akibat hadirnya Pandemi Covid-19 kedua sektor ini sangat terpukul sehingga segala kegiatan yang memicu keramaian tidak dapat dilaksanakan, akibatnya ini berdampak pada pendapatan masyarakat pada umumnya.

Sebagai upaya meningkatkan dua sektor tersebut, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata kota Samarinda menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang digelar pada, Senin (14/03/2022) di Hotel Harris Samarinda.

Dalam sambutannya, Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengatakan mendukung kegjatan Rakornis dalam mendongkrak sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam meningkatkan PAD di setiap kabupaten/kota sekaltim.

Sektor Pariwisata di Kaltim tentu akan menjadi salah atau andalan Kaltim dalam meningkatkan potensi kesejahteraan masyarakat.

“Penyerapan tenaga kerja sangat memungkinkan, sehingga masyarakat sekitar perlu pendampingan guna membaca potensi terbaik,” ujar Andi Harun.

Andi Harun menilai Mahakam memiliki potensi yang sangat strategis, karena Kota Samarinda merupakan salah satu kota penyangga IKN sehingga Hal ini mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kota Samarinda untuk mempersiapkan Sungai Mahakam sebagai salah satu sektor Pariwisata yang berkonsep Smart City dan Smart Tourism.

“Kaltim memiliki kekayaan dan keindahan alam serta kuktur yang beragam guna meningkatkan ekonomi kreatif,” tuturnya.

Hadirnya IKN tentu harus sikapi oleh pemerintah kabupaten/kota sekaltim secara matang, khususnya pengembangan dalam sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kalau Pemerintah Se-kabupaten/kota di kaltm terus bersinergi dan berkesinambungan maka sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi pendorong perekomian yang signifikan,”pungkasnya.

Diketahui, Kegiatan Rakornis ini dihadiri oleh seluruh Dinas Pariwisata Se-Kalimantan Timur. (mr)

BACA JUGA :  Selasa, Perumdam Kuras IPA Selili Untuk Jaga Kualitas Produksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

78 − = 76

Back to top button