PariwaraPEMKOT Samarinda

Proyek KPBU Dievaluasi, Wali Kota: Saya Minta Disinkronkan

Garda.co.id, Samarinda – Wali Kota Andi Harun lakukan evaluasi pelaksanaan proyek KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Evaluasi ini dilaksanakan di Ruang Rapat Mangkupelas Lantai II Balai Kota Samarinda, pada Kamis (2/2/2023).

Andi Harun mengatakan bahwa ada beberapa proyek yang ditawarkan untuk menjadi kegiatan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Proyek-proyek itu di antaranya adalah pembangunan RSUD Inche Abdoel Moeis menjadi rumah sakit internasional, Penerangan Jalan Umum (PJU), Pariwisata Mahakam, dan Skytrain. “Jadi kita tadi hanya evaluasi ke dalam saja dari kegiatan hingga laporan dan juga tim simpulnya,” kata Andi Harun saat ditemui usai evaluasi.

Orang nomor satu di kota tepian ini juga meminta agar pembangunan rumah sakit dipercepat. “Saya minta juga untuk deteksi harga Harga Perkiraan Sendiri (HPS) berapa, kemudian total investasi, dan segala perhitungan secara tepat dan benar,”ujarnya.

Diketahui, dalam agenda evaluasi itu diikuti pula oleh Tim KPBU untuk PJU, Tim KPBU untuk RSUD serta Tim KPBU untuk Sapras Pariwisata. Lebih lanjut, AH menjelaskan bahwa ada dua yang sedang diproses, yaitu Rumah Sakit dan PJU.

Sementara untuk Skytrain itu ada beberapa hal yang harus dilakukan. Kemudian kalau untuk jalur Mahakam masih belum bergerak. “Saya minta disinkronkan dengan rencana pembangunan teras Kota Samarinda. Jadi antara pembangunan fisik dengan kegiatan pariwisata mahakamnya dari Disporapar setelah itu kita akan tawarkan ulang,” pungkasnya.

Diketahui, Pemkot Samarinda saat ini sedang dalam tahapan untuk lakukan kerjasama dengan badan usaha. Proyek-proyek itu adalah terkait penerangan jalan umum (PJU) guna mengatasi permasalahan atas kondisi PJU di Kota Samarinda seperti kurang memadainya jumlah PJU di beberapa ruas jalan; rusaknya PJU eksisting contohnya tidak tersedianya lampu pada tiang PJU ataupun lampu tidak beroperasi; serta pencahayaan PJU yang dirasa belum standar atau sesuai. 

BACA JUGA :  Nobar Semifinal AFC U-23 Asian Cup, Bupati Kukar Ajak Masyarakat Dukung Timnas

Kemudian untuk bidang kesehatan, diagendakan RSUD Inche Abdoel Moeis menjadi Rumah Sakit Kelas B Pendidikan Bertaraf Internasional dengan skema KPBU.

RSUD Inche Abdoel Moeis milik Pemerintah Kota Samarinda, memiliki wilayah jangkauan pelayanan yang berpotensi menjadi rujukan regional Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. (RW/ADV/PEMKOT SMD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 2

Back to top button