PariwaraPEMKAB KUKAR

Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati Digelar di Desa Mulawarman

Garda.co.id, Kutai Kartanegara – Pelatihan pembuatan pestisida digelar di Gedung BPU Desa Mulawarman, Kamis, 13 Oktober 2022. Agenda tersebut digelar BEM FKIP dan Faperta Unmul dalam rangka program penguatan kapasitas Ormawa 2022. Pelaksanaannya difasilitasi oleh Pemerintah Desa Mulawarman, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Sekretaris Desa Mulawarman Bambang Irawan membuka acara, ia mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh mahasiswa Unmul.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkan keilmuan yang telah didapat dalam pelatihan tersebut dan dapat memajukan lahan pertanian yang ada di Desa Mulawarman,” kata Bambang.

Dia juga mengatakan, bahwa program ini merupakan salah satu program Sanggar Tani Muda PPK ORMAWA 2022 BEM FKIP UNMUL dan  FAPERTA Universitas Mulawarman Samarinda Tahun 2022. “Yaitu tentang transformasi petani pedesaan berbasis Sustainable Agriculture melalui sanggar tani muda menuju tujuan SDGS di Desa Mulawarman,” ujarnya.

Pelatihan kali ini adalah bagaimana cara Pembuatan Pestisida Nabati, pestisida digunakan untuk mengendalikan hama atau penyakit yang berasal dari tanaman-tanaman yang ada di sekitar lingkungan kita, contoh tanaman seperti serai wangi, jeringau yang bersifat berbau untuk menolak serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OTP). Pestisida Nabati tidak meninggalkan rasidum (racun yang ditinggalkan setelah penyemprotan), adapun penyemprotan pestisida wajib dilakukan setiap pagi dan sore hari untuk menghindari serangan OTP. (Mk/Adv)

BACA JUGA :  Bupati Kukar Menghadiri HUT ke-57 Bankaltimtara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 1 =

Back to top button