DPRD KALTIMPariwara

Legislator Kaltim Bersuara, Hepatitis Akut Muncul di Samarinda

Nanda : Masih Dugaan

Garda.co.id, Samarinda – Pandemi Covid-19 belum benar-benar berakhir di Indonesia, namun muncul lagi penyakit hepatitis misterius yang kabarnya hanya menyerang anak-anak usia di bawah 16 tahun.

Bahkan, penyakit ini sudah dikategorikan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau sering disebut World Health Organization (WHO).

Kamis (12/5/2022), Kementerian Kesehatan RI melalui juru bicara Dokter  Siti Nadia Tarmizi pun mengumumkan adanya dua anak di Indonesia, yang meninggal diduga menderita hepatitis akut misterius.

Dalam penyampaiannya, salah satu kasus anak meninggal usia 8 tahun itu ditemukan sehari setelah lebaran Idul Fitri di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

“Saya sudah mengetahui berita ini usai Plt Dinas Kesehatan Bu Masitah mengonfirmasikan, bahwa berita itu masih berupa dugaan,” ucap Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis saat dikonfirmasi, Sabtu (14/5/2022).

Dalam kesempatan ini, Nanda, sapaan akrabnya, berharap agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim segera mensosialisasikan penyakit hepatitis ini kepada masyarakat Benua Etam.

Menurutnya, masyarakat harus mendapat informasi yang jelas dan akurat terhadap penyakit hepatitis misterius ini. Harapannya, masyarakat dapat mengantisipasi mulai dari sekarang agar penularan tidak semakin meluas.

“Saya harap pemerintah sudah mulai mensosialisasikan seperti apa tanda-tanda dan ciri-cirinya, lalu bagaimana penanganannya supaya tidak kena. Harus segera disosialisasikan, karena di Jakarta sudah masuk. Ini Samarinda dugaan suspeknya sudah masuk,” tegasnya.

Nantinya, kata Nanda, pihaknya akan mengadakan rapat dengar pendapat (RDP) bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, untuk menindaklanjuti dan mengantisipasi penyakit ini agar tidak menyebar.

“Setelah kunjungan kerja, saya akan sampaikan ke Ketua Komisi IV DPRD Kaltim. Semoga kita bisa segera melaksanakan RDP bersama pihak terlibat lainnya.” tandasnya.(MAR/ADV/Diskominfo Kaltim)

BACA JUGA :  Peringatan Hari Santri Nasional, Reza: Santri Pelopor Penjaga Nilai-Nilai Keagaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =

Back to top button