Pariwara

Kemenparekraf Luncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Garda.co.id, Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) RI resmi meluncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 secara daring dan luring, Jumat (18/2) sore.

Diikuti seluruh Bupati/Walikota dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se Indonesia. Acara digelar dalam rangka mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mempu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan.

“Anugerah Desa Wisata Indonesia lahir dari peluang yang diciptakan pandemi. Ketika tak ada wisatawan asing yang masuk ke Indonesia. Inilah saatnya masyarakat kita menjadi pasar terbesar destinasi-destinasi yang sudah tersedia di negeri ini. Jika semua Sumber Daya ini diolah dengan tepat, di promosikan dengan giat. Saya yakin Desa Wisata bisa menjadi poros dan pondasi kokoh bangkitnya pariwisata,” ucap Menteri Sandiaga Salahuddin Uno.

Adapun Apresiasi Kreasi Indonesia dan Kabupaten/Kota Kreatif (Kata) Indonesia yang juga turut serta diluncurkan bersamaan dengan ADWI tahun 2022, terangnya.

Pada kesempatannya tersebut, Ia juga memaparkan, 7 (tujuh) kategori penilaian dalam ADWI tahun ini, diantaranya yaitu; Pertama kategori daya tarik pengunjung meliputi keunikan dan keaslian alam dan buatan, seni dan budaya, Kedua merupakan kategori home stay, Ketiga merupakan kategori sovenir, empat merupakan kategori digital dan kreatif, Kelima merupakan kategori toilet umum, Keenam CHSE dan Ketujuh kelembagaan desa wisata.

“Besar harapan saya bahwa melanjutkan Anugerah Desa Wisata Indonesia, Apresiasi Kreasi Indonesia, serta Kabupaten/Kota Kreatif (Kata) di Indonesia di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya kita akan menjangkau lebih banyak lagi lapisan masyarakat yang secara langsung akan berdampak positif bagi kesejahteraan dan kebangkitan ekonomi Indonesia,” tutupnya.(adv/kmf/NNI)

BACA JUGA :  Deni Dorong Puskesmas Tingkatkan Standariasi Pelayanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 4 =

Back to top button