Pariwara

Kasus Positif Covid-19 di Kaltim Meningkat, Isran Ingatkat Penggunaan Prokes dan Vaksin

Garda.co.id, Samarinda – Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 kembali meningkat. Kecenderungan meningkatnya ini tidak hanya di Kaltim namun terjadi dihampir seluruh provinsi di Indonesia.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, Gubernur Isran Noor di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (14/7/2022).

“Secara Nasional, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia pada Selasa 12 Juli 2022 bertambah 3.361 kasus,” sebutnya.

Gubernur Isran Noor pun menyerukan kepada  masyarakat untuk tetap disiplin terhadap protokol kesehatan Covid-19.

“Jadi saya mengingatkan agar kita selalu menjaga prokes. Paling tidak kita bisa menggunakan masker,” pintanya.

Dikatakan Isran, penggunaan masker tidak hanya melindungi diri sendiri akan tetapi juga orang lain.

Sebab terkadang, ada orang yang terlihat sehat, tapi sebenarnya dia lah pembawa penyakit dan virus, sambung Isran, karena ketika pembawa virus ini bertemu dengan seseorang yang imunnya sedang turun. Sehingga akhirnya, virus itu cepat menular.

“Ternyata kawan atau tetangga kita itu punya penyakit komorbid, nah ini yang kita khawatirkan. Bisa mengalami hal yang kurang menguntungkan. Ini tugas saya sebagai gubernur dan ketua satgas untuk mengingatkan,” tuturnya.

Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim Deni Sutrisno membeberkan bahwa Covid-19 varian BA5 sudah masuk ke Kota Balikpapan.

“Kota Balikpapan sudah masuk zona merah, sudah masuk Sub Varian BA5 dari Omicron,” kata Deni Sutrisno.

Dia pun mengingatkan agar masyarakat tanpa terkecuali siapapun dapat tetap menjaga prokes. Disamping saat ini pemerintah sedang menggenjot vaksinasi booster.

“Per tanggal 13 Juli 2022, dosis satu surah 102,38 persen, dosis dua sekitar 89,88 persen dan booster 32,15 persen. Booster ini harus digenjot terus,” tandasnya.(PB/ADV/KominfoKaltim)

BACA JUGA :  Senin, IPA Samarinda Seberang Dikuras Untuk Jaga Kualitas Produksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button