Pariwara

Jemaah Haji Asal Kaltim Keloter Kedua Berjumlah 258, 2 Orang Masih di Rumah Sakit Arab Saudi

Garda.co.id, Samarinda – Jemaah haji asal Kalimantan Timur (Kaltim) telah berpulang ke tanah air secara bertahap. Hari ini gilirang kelompok terbang kedua yang tiba di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Jumat (5/8/2022).

“Rencananya mendarat prosesnya sebagaimana kemarin kan sekitar jam 3 pagi tadi mendaratnya mungkin evakuasi di bandara sampai dengan pengantaran ke asrama itu 1-2 jam,” kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak dikonfirmasi awak media.

Diterangkan Andi, seluruh jemaah haji yang datang kembali diwajibkan uuntuk melakukan screening Covid-19 terlebih dahulu. Hal ini karena informasi kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 mengalami peningkatan. Maka dilakukan pencegaham dengan pengecekan ulang.

“Karena ada proses antigen, ini yang tadinya kan 10 persen saja tapi karena ada peningkatan kasus maka keluar surat dari dirjen P2P itu semua harus di screening dan ini memakan waktu sedikit. Dari KKP memang sudah menyiapkan 10 petugas untuk bisa lebih cepat pelayanannya,” jelas Andi di kantor kerjanya di Sekretariat Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda.

Proses antigen, kata Andi tak menghindarkan rasa kelelahan para jemaah haji. Namun ini diupayakan agar jemaah benar bisa terjaga kesehatannya.

“Ini mungkin membuat jemaah lebih lelah. Namun kita mencoba menjaga agar jemaah ini benar bisa terjaga kesehatannya dan Alhamdulilah di kloter satu semua antigen negatif jadi tidak ada. Mudahan sampai brikutnya dan kloter terakhir tanggal 13 tidak ada yang terkonfirmasi COVID-19,” tutur Andi.

Menyinggung jumlah jemaah kelompok terbang kedua yang tiba di Benua Etam, Kepala Biro Kesra Kaltim menyebutkan jika yang datang hanya berjumlah 258 orang dari seharusnya 360 orang. Karena 2 orang jemaah masih berada di rumah sakit di Arab Saudi.

BACA JUGA :  Polder Air Hitam Punya Dua Peran, Penanganan Banjir dan Peningkatan PAD

“Jemaah haji kloter kedua yang datang berjumlah 258 orang. Terdapat 1 orang yang dirawat di rumah sakit di Arab Saudi dengan satu orang pendamping. Sehingga jumlahnya 2 orang. Kita berharap mudahan cepat sembuh dan cepat kembali ke tanah air,” pungkasnya.(PB/ADV/KominfoKaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button