DPRD KALTIMPariwara

Serapan Anggaran PUPR di Bawah 50 persen, Dewan Duga Akibat Biro Barjas

Garda.co.id, Samarinda – Komisi III DPRD Kaltim sebut serapan anggaran pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR Pera) Kaltim masih minim diduga akibat Biro Pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) Setdaprov Kaltim kurang maksimal.

Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Sutomo Jabir menjelaskan berdasarkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak terkait ia melihat serapan anggaran masing-masing bidang pada PUPR Kaltim mengenai serapan anggaran masih terbilang rendah.

“Serapan anggaran yang ada sampai saat ini masih dibawah 50 persen, sementara ini sudah lebih dari pertengahan tahun,” ucapnya Selasa (23/8/2022).

Tentu sebagai lembaga legislatif pihaknya tak boleh tinggal diam dan berupaya untuk mengorek apa penyebab dibalik kurang maksimalnya salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kaltim. Tomo membeberkan serapan anggaran yang kurang disebabkan oleh faktor proses lelang yang lambat.

“Jadi berdasarkan keterangan yang ada kami menilai ada yang tidak sinkron antara Biro Barjas dengan OPD terkait,” jelasnya.

Mengenai hambatan yang ada ini, Komisi III DPRD Kaltim mendorong agar PUPR Pera Kaltim dapat mengambil langkah taktis yang dapat dilakukan agar serapan anggaran yang ada dapat dimaksimalkan.

“Percuma daerah punya duit banyak kalau serapannya tidak ada, sementara program-program pemerintah ini sedang dinanti oleh seluruh masyarakat,” tegasnya.(Rf/Adv/DPRDKaltim)

BACA JUGA :  Legislator Kaltim Bersuara, Hepatitis Akut Muncul di Samarinda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 3

Back to top button