DPRD SamarindaPariwara

Dewan Dukung Polder Air Hitam Jadi Tempat Wisata, Dinilai Sebagai Potensi Besar Peningkatan PAD

Garda.co.id, Samarinda – Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Adi Setiawan mendukung adanya wacana dari Pemkot Samarinda untuk menjadikan Polder Air Hitam sebagai kawasan wisata. Hal ini dinilai dapat menjadi langkah demi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menurutnya, cukup banyak kawasan yang berpotensi untuk menjadi ladang peningkatan PAD, hanya saja kurang dikelola dengan baik. Sehingga, apabila dapat terkelola secara benar maka akan sesuai dengan yang dicitakan.

“Sudah pasti apabila dikelola akan meningkatkan PAD Kota Samarinda,” ujar Adi, Sabtu (6/11/2021).

Selain meningkatkan ekonomi daerah, tetapi juga ekonomi kerakyatan, sehingga dampak positif dengan adanya wisata akan dirasakan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di Polder air hitam.

“Selain menguntungkan daerah tetapi juga masyarakat di sana yang bekerja sebagai PKL merasa diuntungkan,” tuturnya.

Jika Polder Air Hitam nantinya dikelola secara benar, maka pendapatan atas retribusinya dapat pula dimanfaatkan guna perawatan dari fasilitas yang ada.

“Kalau perputaran uang sudah jalan di sana, otomatis operasional polder sudah bisa tertutupi salah satunya biaya pompa air,” imbuhnya.

Adi berharap, pengelolaan kawasan Polder Air Hitam sebagai tempat wisata dapat ditata dengan rapi dan baik. Ia juga menyinggung penataan parkir di sana, karena banyaknya pengunjung yang datang sehingga peluang selain dari wisata, melainkan pendapatan dari retribusi parkir juga bisa di terapkan.

“Fasilitas di sana udah terbangun ya, tinggal di rapikan saja, dan difungsikan sebagai apa gitu supaya bisa menghasilkan,” pungkasnya.

Diketahui, Pemkot Samarinda berupaya meningkatkan PAD dengan menjadikan Polder Air Hitam sebagai tempat wisata keluarga. Karena beberapa terakhir PAD Kota Samarinda cenderung stagnan, sehingga Pemkot mulai melakukan inovasi serta ingin memaksimalkan peran tempat tersebut sebagai kolam retensi dan menjadikan tempat wisata keluarga. (mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button