DPRD KALTIM

Covid-19 di Kaltim Melandai, Rusman Ya’qub : Kebiasaan Prokes Harus Dijaga

Garda.co.id, Samarinda – Beberapa pekan terakhir positivity rate dari pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kaltim terus melandai, angka kematian karena virus ini pun turut berkurang. Hal tersebut tentunya tak luput dari peran pemerintah dan kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub menilai penurunan angka positivity rate ini terdapat beberapa faktor yang menyebabkannya. Salah satunya kesadaran dan konsistensi masyarakat dalam menjalankan prokes.

“Kita patut bersyukur karena masyarakat sadar dalam menjalankan prokes, tentu ini sangat memberikan kontribusi yang besar atas penurunan kasus,” ujarnya pada Garda.co.id, Jumat (22/10/2021).

Faktor lainnya, lanjut Rusman, yakni percepatan pelaksanaan vaksinasi di seluruh kabupaten/kota, dengan target kekebalan tubuh alias herd immunitty atas kerja keras dari tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19.

“Saya yakin ini berkat kerja keras kita semua dengan dikomandoin oleh Gubernur dan Bupati Wali Kota serta TNI/Polri yang tergabung dalam Satgas Covid-19,” ungkap Ketua Fraksi PPP DPRD Kaltim ini.

Ia menyebut yang paling penting ialah bagaimana pemerintah mampu meyakinkan masyarakat luas untuk menjadikan kebiasaan baru ini sebagai hal yang harus dijaga dengan menjalankan prokes secara ketat.

“Yang sulit itu bagaimana kebiasaan ini tertanam dalam diri masyarakat, dengan ini masyarakat sudah bisa menjaga dirinya sendiri,” pungkasnya.

Wakil Ketua DPP PPP ini berharap kasus Covid-19 dapat menurun secara terus menerus, sehingga masyarakat dapat berkegiatan dengan aman, serta mampu untuk beradaptasi. Pemerintah pun tetap harus saling memberikan motivasi serta ajakan maupun imbauan agar masyarakat tetap ingat untuk menjalankan prokes.

“Sehingga ini bisa menjadi budaya di masyarakat, meskipun virus ini tidak serta-merta akan hilang begitu saja,” tutup Rusman. (mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button