Pariwara

Besok, Walikota Samarinda Dilantik Jadi Ketua Aspeksindo

GARDA – Walikota Samarinda Andi Harun punya posisi penting di tingkat nasional. Tidak main-main, dia didapuk menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia periode 2021-2025. Pengukuhannya dijadwalkan berlangsung Kamis 124 Februari 2022 besok, di Jakarta.

Prosesi pelantikan itu sendiri merupakan rangkaian Rapat Kerja Nasional Aspeksindo yang dihelat Kamis 24 Februari hingga 25 Februari 2022 dengan mengusung tema “Kolaborasi Memajukan Indonesia dari Pinggiran.”

Sebagai informasii, Andi Harun terpilih menjadi Ketua Umum Aspeksindo periode 2021-2025 melalui Musyawarah Nasional II Aspeksindo di Bangka Belitung pada November 2021 lalu.

Andi Harun terpilih secara aklamasi yang akan memimpin pemerintah daerah kabupaten dan kota di kawasan pesisir serta kepulauan di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Andi Harun sebelumnya bertemu Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Menteng –Jakarta Pusat.
Dalam pertemuan itu, Andi Harun menyampaikan sejumlah hal mengenai potensi ekonomi dan kondisi daerah pesisir di Indonesia.

Makanya, dia berharap, Pemerintah Pusat bisa secara proposional memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah, terutama di daerah kepulauan dan pesisir untuk mengelola laut yang selama ini diserahkan kepada pemerintah provinsi masing-masing.

“Hilangnya kewenangan kabupaten dan kota dalam mengelola sektor kelautan sangat menghambat sistem pengelolaan sumber daya laut di daerah,” katanya.

“Apalagi birokrasi perizinan usaha di sektor kelautan yang begitu panjang sangat tidak efektif dan efisien,” timpal Andi Harun.

Dengan pertimbangan visi Pemerintah Pusat mengenai reformasi birokrasi, Andi Harun menilai perlu pertimbangan mengenai kewenangan pengelolaan potensi laut oleh pemerintah daerah kabupaten dan kota wilayah pesisir.

“Secara georafis, jarak antara masyarakat kepulauan dan pesisir yang akan melakukan usaha sektor kelautan sangat jauh dari ibu kota provinsi. Ini tentu sangat jauh dari nafas reformasi birokrasi,” tukasnya. (adv)

BACA JUGA :  Tak Ada Perbedaan Nilai di APBD 2023, Hamas : Hanya Belum Tertera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button