DPRD SamarindaPariwara

Bendungan Lempake Meluap, Diperkirakan 2027 Tidak Akan Berfungsi Lagi

Garda.co.id, Samarinda – Kondisi Bendungan Lempake kembali meluap usai hujan yang terjadi pada Senin (18/10/2021) kemarin. Tinggi luapan tersebut pun mencapai 100 sentimeter dan masuk kategori siaga 3.

Meluapnya Bendungan Lempake ini pun tentunya membuat masyarakat panik akan terjadinya banjir di Samarinda.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III DPRD Samarinda Markaca menyebut berdasarkan data yang disampaikan Badan Wilayah Sungai (BWS) IV Kaltim, bahwa pada tahun 2027 mendatang Bendungan tersebut diperkirakan tidak akan berfungsi lagi. Pasalnya tinggi sedimentasi di Bendungan Benanga berpotensi tidak mampu menampung air dengan debit yang tinggi.

Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Markaca. (Foto : M.Rafik/Garda.co.id)

“Perkiraan BWS Bendungan akan tidak berfungsi lagi, dengan catatan kalau itu tidak diurusi,” ucapnya saat dikonfirmasi di Gedung DPRD Samarinda.

Kendati demikian, ia optimis Wali Kota Samarinda dapat meminimalisir banjir dan memperbaiki kondisi yang ada.

“Saya yakin kalau Pak Wali Kota, tidak akan diam melihat kondisi Samarinda, apalagi sudah ada arahan bahwa bendungan harus dinormalisasi, pasti itu akan dilakukan,” ungkapnya.

Markaca optimis, bahwa permasalahan banjir ini bukan hanya dari Komisi III yang akan bergerak, namun seluruh anggota DPRD Samarinda akan berupaya bersinergi dengan Pemkot untuk mengatasi Penyakit lingkungan tersebut.

“Karena kita mendukung penuh Program Kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga berharap, Masyarakat dapat membantu Pemkot dalam rangka menjaga lingkungan, sehingga sinergitas antara masyarakat dengan Pemkot itu berjalan.

“Masyarakat juga harus tertib, jangan sampai buang sampah bukan pada tempatnya, apalagi kalau parit di sekeliling rumah sering di bersihkan, otomatis air mengalir dengan lancar tanpa sumbatan,” tandasnya. (mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button