DPRD SamarindaPariwara

Bakal Bentuk UKS Paripurna, Deni Dukung Kebijakan Disdikbud

Garda.co.id, Samarinda – Dengan tujuan meningkatkan kesehatan, mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) dan lingkungan sekolah yang sehat. Saat ini Pemerintah Kota Samarinda, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mengasakan program dalam menerapkan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Paripurna yang ada di setiap satuan pendidikan Kota Samarinda.

Rencana tersebut guna memungkinkan peserta didik mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Serta dapat memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan kepada para peserta didik.

Hal ini mendapat dukungan dari Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Deni Hakim Anwar. Lantaran, UKS ini akan terhubung dengan Puskesmas dan rumah sakit umum daerah, sehingga bisa lebih memperhatikan faktor-faktor pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan serta pembinaan lingkungan sehat.

“UKS itu harus sesuai standar karena merupakan penanganan awal siswa kita yang sakit kemudian dirujuk ke lembaga kesehatan yang lebih tinggi nantinya. Dengan begitu dapat menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, bersih, nyaman dan menyenangkan bagi pelajar,” ujarnya.

Selanjutnya, Politikus Partai Gerindra ini berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda mampu meningkatkan kapasitas aparatur pelaksana UKS paripurna tersebut. Sebab, setiap sekolah harus mampu menciptakan sikap, kepribadian dan kebiasaan yang baik bagi pelajar.

“Kami harapkan, Disdikbud, bisa melakukan pengawasan guna pelaksanaan UKS Standar Ini bisa optimal,” ucapnya.

Selain itu, setiap sekolah harus mengoptimakan dan memaksimalkan pelaksanaan UKS Standar. Sebab, jangan sampai ruang UKS dimanfaatkan oleh siswa sebagai tempat istirahat dan bersantai.

“Diharapkan sekolah terus melakukan pengembangan guna peningkatan kualitas UKS,” demikian Deni.(Mr/Adv)

BACA JUGA :  Selasa, IPA Pulau Atas Dikuras Untuk Jaga Kualitas Produksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button