PEMKAB PPU

Akmal Malik Resmikan Penangkaran Rusa Pemkab PPU.

Garda.co.id, PenajamUsai melangsungkan upacara hari jadi ke 22 tahun, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik, berkesempatan meresmikan penangkaran rusa sambar di belakang kantor Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kabupaten PPU.

Akmal Malik mengatakan, masyarakat yang melintas di Kabupaten PPU dapat menyaksikan rusa tepat di depan kantor Bupati PPU. Sejumlah rusa yang terpampang tersebut merupakan patung yang terbuat dari besi.

“Makanya saya bilang tugas kita salah satunya adalah melestarikan lingkungan, dan ekosistem. Nah, makanya saya tanya kepada Pemerintah Kabupaten PPU apa yang telah dilakukan dalam pelestarian simbol-simbonya,” kata Akmal Malik.

Menurut Akmal Malik, pelestarian rusa harus dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan. Demi, mencapai hasil yang optimal dalam melestarikan rusa yang kini jarang ditemui di PPU.

Kemudian, hewan tersebut adalah simbolnya PPU. Sehingga sudah menjadi kewajaran Pemkab PPU bertugas melestarikan hewan yang menjadi ikon daerahnya itu.

“Jangan hanya berani pelihara rusa-rusa besi saja atau patungnya, tetapi berani memelihara atau mengembangkan aslinya yang hidup karena kita ditugaskan untuk memelihara lingkungan kita. Jadi itu alasan kita minta kenapa penangkaran ini ada disini,” jelasnya.

Kedepan tambah dia, penangkaran tersebut bisa dikembangkan lagi. Karena menurutnya rusa sambar yang merupakan hewan endemiknya PPU dan ikon daerah tersebut benar-benar hidup di masyarakat.

“Maknanya apa, kita menjaga warisan leluhur, kita menjaga lingkungan kita,” tutupnya. (Mr/adv/DiskominfoPPU)

BACA JUGA :  Tohar Ajak Masyarakat Untuk Pikirkan Masa Depan Anak Bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

57 − = 52

Back to top button