DPRD KALTIM

Swasembada Pangan di Kaltim, DPRD : Kita Yakin Bisa

Garda.co.id, Samarinda – Anggota Komisi II DPRD Kaltim Agiel Suwarno mengatakan sebenarnya Kaltim sangat mampu untuk swasembada pangan, namun masih kurang uluran tangan pemerintah daerah yang memperhatikannya.

Agiel berkata, ketika berbicara menyoal lahan sejatinya Kaltim memiliki potensi lahan yang sangat luas. Tinggal bagaimana Pemprov turut memperhatikan dengan menyiapkan anggaran untuk menyokong para petani.

“Selama ini petani-petani di wilayah Kutai Timur (Kutim) sangat minim mendapat bantuan pemerintah,” kata Agiel.

Mereka, kata Agiel, mengembangkan sawah secara mandiri. Alhasil, cukup kesulitan ketika ingin mengembangkan pola pertanian ke arah yang lebih maju. Dengan menggunakan peralatan yang canggih dan lebih modern, misalnya.

“Potensi (swasembada pangan) itu ada tapi kalau mau luas pemerintah harus hadir. Karena warga butuh peralatan. Kalau mau dikembangkan sampai ribuan hektare itu harus pemerintah turun tangan. Saya pikir swasembada pangan itu bisa, lahannya banyak potensinya,” tuturnya.

Sehingga menurut dia, sangat diperlukan upaya pemerintah untuk penyiapan anggaran kebutuhan lahan. Mesti direncanakan dengan baik. “Kalau punya target seperti itu saya pikir pasti bisa,” harapnya.(adv/kmf/NNI)

BACA JUGA :  DPKH Kaltim Temukan Indikasi Suspek Wabah PMK Terhadap Hewan Sapi di Kabupaten Paser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button