DPRD SamarindaPariwara

Sri Puji Astuti Soroti 1600 Tenaga Kerja Masuk IKN

Garda.co.id, Samarinda – Penetapan Ibu Kota Negara oleh Presiden Jokowidodo mendapat banyak respon dari masyarakat Kalimantan Timur.

Diketahui, sebanyak16.000 tenaga kerja yang berasal dari luar pulau Kalimantan akan datang bekerja dalam pembangunan IKN yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Hal ini pun mendapat respon langsung dari Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda Sri Puji Astuti, ia mengatakan sebelumnya pemerintah telah mengeluarkan statement terkait masyarakat lokal (Kaltim) yang akan terlibat pada pembangunan IKN.

“Melihat fakta yang ada di lapangan pemerintah mendatangkan tenaga kerja dari luar Kaltim saya rasa hal ini sudah tidak sesuai dengan perjanjian sebelumnya”, Kata Puji sapaan akrabnya, Jum’at (10/2/2023)

Menurutnya mengapa hal itu dapat terjadi, dikarenakan potensi masyarakat lokal dengan masyarakat di Pulau Jawa sangat jauh berbeda mulai dari soft skill hingga ambisi dalam bekerja.

“Karena salah satu kendala saya melihat daya juang kita tidak seberapa mungkin lulusan SMA atau SMK lebih senang duduk dirumah di bandingkan dengan pemuda di Jawa sana yang lebih giat dalam bekerja”, Pungkasnya

Ia juga mengaku bahwa kurangnya program sertifikasi yang ada di Kaltim sehingga hal ini membuat masyarakat kurang dalam keterlibatan pembangunan IKN yang baru.

“Ya masih kurangnya masyarakat mempunyai kemauan dalam bekerja, makanya sertifikasi harus ada di Kaltim terkhusus di Kota Samarinda”, tutup puji saat di wawancarai. (Riduan/ADV/DPRD SMD)

BACA JUGA :  Makmur HAPK: Pergub 49/2022 Dicabut Saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 7

Back to top button