Metropolis

Soal Badan Otorita IKN, KNPI PPU Minta Prioritaskan Tokoh Lokal

Garda.co.id, Samarinda – Sejumlah nama tokoh dimunculkan untuk bisa menjabat Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara ( IKN ) Nusantara di Kalimantan Timur ( Kaltim). Nama Tokoh tersebut ada yang muncul dari aspirasi pusat (Jakarta) adapula yang muncul dari aspirasi daerah (lokal).

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memandang isu tersebut sebagai suatu hal yang strategis untuk turut dibahas, didengar dan dipertimbangkan oleh Presiden Jokowi sebelum memutuskan sosok pemimpin Badan Otorita IKN Nusantara nantinya.

Terkait dengan sejumlah nama yang telah diusulkan untuk mengisi Badan Otorita IKN, Ketua KNPI PPU, Sulthan, meminta agar Presiden beserta jajarannya turut mempertimbangkan sejumlah nama tokoh lokal yang juga telah diusulkan.

Hal ini penting, agar kemudian tidak ada kesan bahwa masyarakat lokal tidak dilibatkan, tidak didengarkan atau bahkan merasa terpinggirkan.

Selain itu, kalau kemudian berbicara pemahaman sosiologis, budaya serta geografis wilayah IKN, sejumlah nama tokoh lokal yang telah diusulkan oleh berbagai pihak tersebut jauh lebih kenal dan paham dibandingkan dengan sejumlah nama tokoh yang berasal dari luar Kalimantan Timur.

Presiden atau Pemerintah secara umum ingin agar proses pemindahan dan pembangunan IKN ini berjalan kondusif dan sesuai target. Terkait dengan hal itu, keberadaan tokoh lokal dalam Badan Otorita IKN Nusantara sebenarnya menjadi salah satu hal penting guna mendukung keinginan tersebut, pungkas Sulthan. (***)

BACA JUGA :  MPP Samarinda Di Akui Secara Nasional, Bisa Menjadi Acuan Daerah Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 4 =

Back to top button