Ragam

Peringati Hari Konservasi Alam Nasional, BEM FPIK UNMUL Tanam 100 Bibit Mangrove

Kutai Kartanegara, Garda.co.id Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Mulawarman (UNMUL) melakukan konservasi penanaman bibit mangrove di daerah pesisir kaltim park, kelurahan kuala samboja, kecamatan samboja, kabupaten kutai kartanegara, selasa (10/08/2021).

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Plt lurah Kuala samboja dan warga setempat.

Ketua BEM FPIK UNMUL, Syahril mengungkapkan penanaman 100 bibit mangrove ini sebagai upaya menjaga dan melestarikan alam serta mencegah abrasi yang terjadi akibat air laut karena mangrove dipercaya bisa memecah gelombang dan melindungi daratan dari derasnya hempasan air laut.

Bahkan, untuk jangka panjang mangrove juga berpotensi bisa menjadi destinasi wisata alam apabila dikelola dengan baik. Selain itu juga dengan infrastruktur yang menunjang.

“Mangrove yang sudah ditanam nantinya akan menjadi destinasi wisata alam tersendiri,” ungkap Syahril

Plt. Lurah Kuala Samboja, Usman menuturkan bahwa penanaman bibit mangrove merupakan upaya untuk mengembalikan ekosistem terutama di kawasan pesisir, karena mangrove yang sehat merupakan garda pertahanan pertama yang harus di perhatikan di wilayah pesisir.

“Kawasan mangrove berpotensi memberi keuntungan tambahan apabila dapat dikelola dengan baik, juga akan memberikan manfaat bagi kehidupan generasi selanjutnya” tutup usman. (*od)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button