DPRD KALTIM

Keluhan dan Harapan Legislator Kaltim kepada Kepala Otorita IKN Nusantara

Garda.co.id, Samarinda – Presiden Joko Widodo telah melantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada Kamis (10/3/2022) kemarin. Keputusan Presiden Jokowi ini cukup dikeluhkan oleh para legislator di daerah karena tidak mengakomodir usulan dari warga lokal.

Ketua Komisi I DPRD Kaltim Baharuddin Demmu menerangkan sebenarnya dari awal pembuatan Undang-Undang (UU) tentang IKN Nusantara iti tidak partisipatif. Di mana, suara-suara dari masyarakat Kaltim tidak terlalu didengar. Hal tersebut pun dapat dilihat dari adanya UU IKN yang seolah hanya menjadi formalitas.

“Dengan melihat seperti itu ya kita memang pesimis, apa yang menjadi usulan masyarakat Kaltim yang banyaknya tokoh Kaltim layak dan pantas untuk menjadi pimpinan otorita. Akhirnya menyebabkan Jakarta (Pemerintah Pusat,Red) seenaknya saja, ga mendengar persoalan-persoalan yang ada,” jelas Demmu, Kamis (10/3/2022).

Menurut dia, seyogianya perlu ada orang Kaltim yang memahami secara dalam terkait kondisi wilayah dan situasi di sekitar IKN.

“Kita berharap pada saat seperti ini kita menunggu aja mudah-mudahan bsa mengayomi harapan-harapan masyarakat Kaltim,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga berharap pada proses pelaksanaan pembangunan di IKN nanti dapat mengakomodir kepentingan masyarakat sekitar IKN. Jangan sampai justru muncul persoalan-persoalan seperti penyingkiran atau penggusuran warga lokal.

Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN diharapkan bisa mengajak rakyat Kaltim, untuk berdiskusi, dan mendengar agar langkah-langkah Otorita nanti tidak mengangkangi kepentingan masyarakat Kaltim.

“Yang harus dilakukan yakni giatkan sosialisasi di wilayah IKN. Bertemu para tokoh, anggota DPRD Bupati, Gubernur, lembaga rakyat untuk di ajak berdiskusi. Untuk mengetahui harapan rakyat. Jadi harus mendengar ke semua tokoh rakyat, untuk mewujudkan IKN sebagai harapan kita bersama,” paparnya.(adv/kmf/NNI)

BACA JUGA :  Abdul Kadir Tappa Sosialisasi Perda 2/2022, Ketahanan Keluarga Penting untuk Ketahanan Negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 3

Back to top button