Diskominfo KukarPariwara

Kecamatan Loa Kulu dan Muara Jawa Menentang Inklusi ke IKN: Pemerintah Desa dan Kelurahan Setempat Sampaikan Penolakan

Garda.co.id, Kutai Kartanegara – Dalam perkembangan terbaru mengenai pembentukan Ibu Kota Negara (IKN) baru, terdapat penolakan dari beberapa wilayah di Kukar untuk bergabung. Desa Lung Anai, yang berada di Kecamatan Loa Kulu, telah secara resmi menyatakan keinginan untuk tetap terpisah dari IKN.

Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono, mengatakan Desa Lung Anai telah mengirimkan surat resmi yang menyatakan tidak ingin bergabung dengan wilayah Otorita IKN.

Sebelumnya, lima kecamatan di Kukar termasuk dalam rencana Delienasi IKN, namun kini terdapat ketidakpastian mengenai status beberapa desa dan kelurahan, termasuk Lung Anai dan Kelurahan Tama Pole di Kecamatan Muara Jawa.

“Kami telah mengkomunikasikan keberatan Desa Lung Anai kepada Badan Otoritas IKN, namun belum ada jawaban,” lanjut Sunggono pada Senin (18/3/2024).

Sunggono juga menyoroti bahwa Kelurahan Tama Pole menghadapi situasi serupa, dengan penolakan untuk masuk ke dalam wilayah IKN.

Diskusi lebih lanjut mengenai masalah ini dijadwalkan akan berlangsung dengan Otoritas IKN pada hari Kamis.

Sunggono menambahkan, “Pemkab Kukar telah berpartisipasi dalam beberapa rapat tentang IKN, tetapi hasilnya belum memenuhi harapan kami. Kami mengharapkan OPD untuk tetap waspada terhadap perkembangan IKN.”

Edy Santoso dari DPTR Kukar menekankan bahwa masih ada kebingungan mengenai status Kelurahan Tama Pole, yang sebelumnya dianggap bagian dari IKN namun kini dikeluarkan.

“Keputusan final akan ditentukan oleh Otorita IKN,” tutup Santoso dengan singkat. (Yah/Adv/Diskominfo Kukar)

BACA JUGA :  Dua Apotek Ditutup, Tak Patuhi Aturan dan Apoteker Tidak Stand By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

24 − 18 =

Back to top button