Ragam

Bentuk Masa Depan Bangsa, Disdikbud Kaltim Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Kubar

Garda.co.id, Kutai Barat– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Timur bersama Kejaksaan Tinggi Kaltim menggelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum 2023 di Kutai Barat. Acara berlangsung di Hotel Sidodadi Barong Tongkok pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Muhammad Ruslie, mewakili Kepala Cabang Dinas IV Kutai Barat dan Mahulu mewakili Kepala Disdikbud Kaltim, menekankan pentingnya masa pendidikan bagi pelajar SMA, SMK, dan MA. Ia mengatakan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki pelajar saat ini akan membentuk masa depan bangsa.

Ruslie mengingatkan bahwa ketiadaan pengetahuan dan keterampilan akan menghambat pelajar dalam bersaing di masa depan. Oleh karena itu, pemahaman tentang nilai-nilai kesadaran hukum menjadi hal yang penting.

“Jika para pelajar tidak mengisi diri dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan maka kelak setelah tamat sekolah tidak akan mampu bersaing,” ungkap Ruslie.

Disisi lain, Restu Demawan, Koordinator Asisten Intelejen Kejati Kaltim, mengatakan sesuai pasal 30 ayat 3 huruf a UU No.16 tahun 2004 disebutkan tugas dan wewenang kejaksaan yakni dalam bidang ketertiban dan ketentraman umum.

“Komitmen kami dalam rangka peningkatan kesadaran hukum masyarakat diimplementasikan dalam program pembinaan masyarakat taat hukum melalui kegiatan penerangan hukum, jaksa masuk sekolah, jaksa menyapa, dan duta pelajar sadar hukum,” tutur Restu.

Restu berharap bahwa generasi muda yang terbentuk melalui kegiatan ini dapat menjadi agen perubahan di masyarakat. Acara dihadiri oleh Kejari Kutai Barat Mahesa Priyatama, guru pendamping, dan peserta Duta Pelajar Sadar Hukum.

Dalam hasil pemilihan, Rayhan Aulia Nasution dan Anna Maria dari SMKN 1 Sendawar berhasil meraih Juara 1. Juara 2 diraih oleh Mia Stacia Adelia Effendi dan Yahezki Aprilian Caesar dari SMAN 3 Sendawar, sementara Juara 3 diperoleh oleh Mardatillah dan Siprianus Ovaldi dari SMAN 1 Jempang. Para pemenang akan melanjutkan kompetisi di tingkat provinsi di Balikpapan

BACA JUGA :  Refleksi Akhir Tahun, Sema FH Untag 1945 Wadahi Pemuda Melalui Mimbar Bebas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 56 = 60

Back to top button