DPRD KALTIMPariwara

Tengahi Penyerobotan Lahan di Kukar, Komisi I : Sudah Disepakati

Garda.co.id, Samarinda – Lahan masyarakat diduga telah diserobot oleh pihak perusahaan, Komisi I DPRD Kaltim tengahi perseteruan antara dua belah pihak di Desa Senoni, Kutai Kartanegara.

Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Baharuddin Demmu mengatakan keputusan telah disepakati dengan memberikan kompensasi dari perusahaan kepada masyarakat yang lahannya terdampak.

Demmu mengatakan berdasarkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang terlaksana pada Senin (26/9/2022) lalu pihak perusahaan mengakui tak mengetahui jika lahan yang dimanfaatkan sebagian oleh perusahaan adalah lahan milik masyarakat. Sebelum persoalan itu ia tangani kedua belah pihak tersebut juga telah menempuh jalur mediasi di Pemerintah Desa namun tak mendapatkan jalan keluar.

“Kemudian dibawa ke Komisi I DPRD Kaltim, bersyukur untuk persoalan ini kami berhasil menengahi, dan menghasilkan kesepakatan,” kata Demmu, Selasa (27/9/2022).

Ia membeberkan lahan milik masyarakat dengan luas 1,4 hektar sementara dari lahan yang dimiliki sekira seribu meter persegi yang terkena dampak dugaan penyerobotan tersebut, pemilik lahan meminta agar lahan yang terdampak itu dilakukan pembebasan dengan nilai Rp 200 juta. “Namun perusahaan tidak dapat menyanggupi besaran yang diajukan oleh pemilik lahan itu,” sebutnya.

Sebagai penengah, tentunya ia berupaya agar dapat menghasilkan kesepakatan yang tak memberatkan keduanya, alhasil dari persoalan tersebut telah disepakati antar kedua belah pihak untuk diberikan kompensasi dengan nilai sebesar Rp 40 juta. “Keduanya telah sepakat dengan nilai kompensasi itu,” tegasnya.

Untuk selanjutnya ia menegaskan agar kesepakatan itu dapat dilaksanakan oleh pihak perusahaan serta tak mengulangi hal yang serupa dikemudian hari.(Rf/Adv/DPRDKaltim)

BACA JUGA :  OPD Penyumbang Silpa Tiap Tahun Diungkap Legislator Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

51 + = 56

Back to top button