DPRD KALTIMPariwaraPolitika

Samsun: Balikpapan Harus Segera Menyiapkan Diri Jelang IKN, Ini Permasalahan Serius

Garda.co.id, Samarinda – Menjelang pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kaltim, Balikpapan sebagai Kota penyangga dihadapkan dengan ancaman permasalahan yang cukup serius. Seperti halnya permasalahan air bersih, kecelakaan jalan, hingga permasalahan banjir.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengakui hal tersebut. Dia merasa, Balikpapan sudah seharusnya mulai menyiapkan diri untuk menjadi IKN.

“Saya sampaikan ada ancaman permasalahan yang serius yang akan dihadapi Balikpapan ketika menjelang pemindahan IKN. Ketika Balikpapan tidak menata dari sekarang. Makanya saran saya, untuk Balikpapan, menata, menyiapkan diri untuk menjadi IKN,” terang Muhammad Samsun kepada awak media.

Karena sebenarnya kalau melihat roadmap pembangunan IKN dan semua, Balikpapan itu bukan hanya penyangga yang terberat di dalam roadmap pembangunan, tetapi the real IKN sendiri nanti, itu akan ada di Balikpapan.

“Karena IKN baru itu pusat pemerintahan, pusat ekonomi nya ada di mana? Akan ada di Balikpapan,” tuturnya.

Bukan hanya itu, Sumber Daya Manusia (SDM) juga harus disiapkan. Sarana prasarana kotanya juga harus disiapkan.

“Harusnya dari kemarin-kemarin, tata kotanya Balikpapan bagaimana. Jalanan itu saja, yang eksisting sekarang sudah macet, itu belum ada pemindahan IKN, kalau Pemkota tidak menyiapkan mengantisipasi, ya akan tambah macet ketika ada IKN,” tukas Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu.

Kemudian air bersih. Samsun menyinggung sudah seberapa mampu nanti untuk Balikpapan menampung dan memenuhi kebutuhan, dimasa masa IKN.

“Dan realnya IKN itu bergeraknya ekonomi.  IKN terus akan lebih banyak di Balikpapan,” pungkasnya.(PB/ADV/KominfoKaltim)

BACA JUGA :  Sutomo Jabir Komitmen Tindaklanjuti Aspirasi Warga Desa Martadinata, Kutim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button