DPRD SamarindaDPRD SamarindaPariwara

Program Smart City, Rohim Sebut Dapat Optimalkan Pengeluaran Daerah

Garda.co.id, Samarinda – Program Smart City merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda yang dicanangkan Wali Kota Samarinda Andi Harun. Menurutnya konsep Smart City bukan hanya tentang transformasi layanan publik menjadi digital, tetapi juga tentang efisiensi.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Abdul Rohim. Dirinya menyampaikan bahwa penerapan Smart City diharapkan mampu memberikan efisiensi hingga 20 sampai 30 persen terhadap penggunaan daya energi dan pengeluaran.

“Smart City ini bukan hanya soal layanan publik yang beralih ke digitalisasi, tetapi juga soal efisiensi. Mestinya penerapan Smart City bisa memberikan efisiensi bahkan 20 sampai 30 persen sehingga daerah ini bisa memiliki surplus keuangan,” ungkap Rohim.

Lanjut, Rohim memberikan salah satu contoh terkait efisiensi yang dapat dilakukan melalui program Smart City adalah pengeluaran untuk penggunaan listrik. Dirinya menjelaskan bahwa Ruang Rapat DPRD Kota Samarinda dan beberapa tempat lainnya menggunakan pendingin udara atau AC.

Dengan adanya program Smart City, ketika tidak ada aktivitas, aliran listrik menuju ruang rapat DPRD dapat otomatis dimatikan, sehingga terjadi efisiensi pengeluaran listrik.

“Dengan efisiensi dari program Smart City, biaya listrik yang semula 20 juta dapat ditekan menjadi 10 juta. Teknologi dari Smart City menjadi solusi untuk mengoptimalkan pengeluaran daerah,” tuturnya.

Akhir, Rohim berharap implementasi program Smart City yang digagas oleh Walikota dapat memberikan dampak positif, tidak hanya dalam hal digitalisasi layanan publik demi sebuah percepatan pelayanan ke masyarakat, tetapi juga dalam efisiensi pengeluaran, sehingga Kota Samarinda dapat lebih efisien dalam pengelolaan keuangan daerah. (Dery/Adv/DPRDSamarinda)

BACA JUGA :  Terima Penyertaan Modal, DPRD Kaltim Harap Tiga Perusda Mampu Berkontribusi Terhadap Peningkatan PAD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

48 + = 53

Back to top button