Pariwara

Perumdam Percepat Pelayanan Air Bersih Wilayah Kecamatan Sambutan

Samarinda, Garda.co.id Upaya memaksimalkan pelayanan air bersih seusai beroperasinya IPA Makroman dengan Kapasitas 50 liter/detik, Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda terus bergerak melakukan pembenahan diantaranya dengan penanaman pipa HDPE dn 300 mm sepanjang 4,3 KM dari IPA Makroman hingga wilayah Kelurahan Sambutan Pelita 8.

Saat ini sudah melakukan penggalian untuk penanaman pipa Seiring adanya bantuan anggaran dari APBN Pusat dengan alokasi bantuan DAK TA. 2021 melalui PUPR Kota Samarinda.

Ada 3 segmen yakni segmen 1 sepanjang 600 meter di jalan Pembangunan Makroman, Segmen 2 di sepanjang  jalan Purwobinangun Poros Makroman 1,4 Km dan Segmen 3 sepanjang Jalan Provinsi Makroman sampai Jalan Sultan Sulaiman sejauh 2,9 Km.

Hal ini sesuai penjelasan Direktur Teknik Ali Rachman AS, ST bersama Direktur Utama Nor Wahid Hasyim dan Direktur Umum Yusfian Noor saat mendampingi Ketua Dewan Pengawas H Aji Syarif Hidayatullah besarta Anggota Dewan Pengawas H Abdullah dan Hargono didampingi Manager Perencanaan Teknik H Ady Fakhrudi dan Manager Distribusi Risdianto  melalui Asisten Manager Humas dan Kesektariatan HM Lukman  saat peninjauan lapangan di lokasi penanaman pipa di kelurahan Makroman, Selasa 8 Agustus 2021.

“Alhamdulillah penanaman pipa  HDPE DN 300 mm ini dari anggaran bantuan keuangan melalui PUPR Kota Samarinda untuk perluasan jaringan dan percepatan pendistribusian air bersih dari IPA Makroman ke wilayah Kecamatan Sambutan,” kata Ali Rachman.

Dijelaskannya di awal untuk pengeluaran pipa distribusi hanya sebesar 6 inchi, kami rasa terlalu kecil. Untuk itu kami usulkan ke pemerintah untuk dianggarkan pipa yang lebih besar agar bisa membantu pasokan aliran ke wilayah kelurahan Sambutan yang selama ini aliran sangat minim.

“ya mudahan dengan sudah di tanamnya pipa yang diameternya lebih besar dari 6 inchi ke 12 inchi pasokan disrribusi bisa lebih besar sehingga bisa melayani warga di pelita 4,5,6, 7 dan 8 bisa lebih lancar aliran tanpa bergilir lagi, termasuk perumahan Purimas dan sekitarnya,” terang Ali.

Target akhir tahun 2021 penanaman pipa selesai dan bisa dialiri untuk membantu maksimalkan pelayanan air bersih. (*od)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button