DPRD BontangPariwara

Perairan Bontang akan Dijadikan Kawasan Konservasi, Wakil Ketua DPRD : Pikirkan Nasib Nelayan

Garda.co.id, Bontang – Wakil Ketua DPRD Bontang meminta pemerintah menyiapkan kompensasi kepada masyarakat jika ingin menjadikan wilayah perairan Bontang sebagai kawasan konservasi.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur mencanangkan wilayah perairan Kota Bontang sebagai Kawasan Konservasi untuk menjaga keberlangsungan ekosistem biota laut.

Sebagai wakil rakyat, Agus Haris mengaku setuju dengan rencana tersebut. Namun, masyarakat yang beraktivitas sebagai nelayan yang memanfaatkan kawasan perairan sebagai sumber pendapatan harus mendapat kompensasi.

“Seharusnya pemerintah menyiapkan solusi sebelum rencana ini berjalan,” ungkap Agus Haris kepada awak media, Sabtu (6/11/2021).

Dia menyampaikan, pemerintah tidak bisa serta Merta menetapkan laut sebagi kawasan konservasi tanpa memikirkan dampak yang akan dialami oleh nelayan.

Menurutnya, Kota Bontang sebagai kawasan yang dikelilingi laut dan pesisir pantai, secara otomatis berkembang pula masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, baik dari penangkapan ikan, budidaya maupun pengolahan hasil.

“Tentu itu akan berpengaruh ke nelayan. Semula hanya melakukan aktivitas sebagai nelayan di wilayah yang mudah di jangkau, kini harus berlayar jauh,” ujarnya.

Ketua Partai Gerindra Kota Bontang itu berharap agar pemerintah mengambil langkah yang tepat. Selain memikirkan keberlangsungan ekosistem laut juga ada jaminan kesejahteraan bagi para nelayan.

“Mungkin semacam bantuan subsidi BBM kepada nelayan, maupun bentuk kompensasi lainnya,” tandasnya. (fn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button