Pariwara

Ini Pesan Walikota Samarinda Kepada Kepala Dinas yang Baru

GARDA – Walikota Samarinda Andi Harun melantik sejumlah pejabat Eselon II, Jumat 28 Januari 2022. Mereka adalah Hotmarulitua Manalu sebagai Kepala Dinas Perhubungan kota Samarinda, Hendra AH sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda, serta Herwan Rifa’i sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Samarinda.

Andi Harun mengatakan, tiga pejabat yang dilantik telah berhasil melewati proses asesmen –seleksi terbuka– yang telah diselenggarakan Pemerintah kota Samarinda untuk mengisi kekosongan jabatan baru.

“Saya minta kepada saudara bertiga yang telah dilantik ini untuk segera menjalankan tugas dan lakukan sinkronisasi dengan organisasi vertikal, perguruan tinggi, hingga media dalam memuluskan 10 program unggulan Pemerintah Kota Samarinda,” kata Andi Harun dalam pidatonya.

Menurut Andi Harun, ada catatan sekaligus tugas khusus di tiga dinas itu. Di Dinas PMK Kota Samarinda –misalnya– Andi Harun meminta kepala dinas PMK Kota Samarinda untuk melakukan pemetaan terhadap titik rawan kebakaran di Kota Tepian. Sehingga dengan peta tadi, personel Dinas PMK Kota Samarinda bisa melakukan langkah sigap dan responsif dalam mengantisipasi setiap ada musibah kebakaran.

Untuk Dinas Perkim Kota Samarinda, Andi Harun meminta perencanaan pembuatan satu playground di tiap satu kelurahan sudah bisa ditindaklanjuti tahun ini. Sebab, program tadi akan menjadi tolok ukur dalam mewujudkan upaya pemenuhan ketentuan minimal 30 persen lahan untuk Ruang Terbuka Hijau atawa RTH di Kota Samarinda.

“Untuk penerangan jalan dan kesehatan pemukiman akan menjadi tugas baru kepala dinas Perkim sekarang. Untuk itu, saya minta saudara Herwan agar segera melakukan konsolidasi internal dan penajaman program ke depan,” pinta Andi Harun.

Lebih lanjut Andi Harun menguraikan, untuk Dishub Kota Samarinda agar segera mengoptimalisasi pendapatan parkir melalui sistem pembayaran nontunai dan melakukan penataan parkir di tepi jalan. Hal itu, tutur Andi Harun, berlaku di lingkungan pasar tradisional maupun di ruang publik lainnya.

BACA JUGA :  DPRD Katlim Gelar Paripurna, Penandatanganan Kesepakatan KUA PPAS APBD-P 2022

“Selain itu, kita juga banyak pelabuhan penumpang yang hingga saat sekarang belum berkontribusi banyak bagi PAD (Pendapatan Asli Daerah, Red). Untuk itu, saya tugaskan kepada kepala Dishub yang baru dalam satu tahun ini agar bisa segera memperbaikinya,” tegasnya.

“Buat rancangan dan strategi baru terhadap pelabuhan kita, dan segera amankan aset untuk dikelola agar menghasilkan PAD. Perkuat sinkronisasi dengan Pelindo, Syahbandar, dan pihak swasta lainnya dalam meningkatkan pelayanan,” timpal Andi Harun.

Disamping itu, Andi Harun mengingatkan kepada kepala dinas yang baru untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dengan merangkul para pegawai sebagai saudara.

“Kepala dinas tidak selalu lebih benar dari bawahan. Sehingga, hubungan interaktif positif dalam bekerja ini perlu diwujudkan dalam menuju pencapaian visi dan misi Pemerintah Kota Samarinda,” tutupnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 7 =

Back to top button