DPRD KALTIMPariwara

Perpusda Kerap Banjir, Berpotensi Mengancam Minat Baca Masyarakat

Garda.co.id, Samarinda – Dorongan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) tak terlepas dari peran fasilitas, hal itu juga yang turut diutarakan oleh salah satu legislator Karang Paci sebutan DPRD Kaltim membahas tentang fasilitas literasi yang ada di Kaltim.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin mengatakan saat ini kondisi fasilitas yang berupa Perpustakaan Daerah sangat memprihatinkan. Kata dia Perpusds yang dibawah naungan Pemprov Kaltim yang berada di Jalan Juanda, Kecamatan Samarinda Ulu, sementara ini kondisinya selalu tergenang banjir ketika hujan mengguyur Kota Samarinda, hal itu baginya suatu hal yang turut disayangkan.

“Ini merupakan kondisi yang cukup memprihatinkan,” kata Salehuddin, Jumat (16/9/2022).

Berkaitan dengan kondisi tersebut ia menyampaikan jika terdapat kaitannya dengan penurunan minat baca pada masyarakat Kaltim, jika terjadi penurunan itu maka akan berimbas pada sektor lain seperti penurunan daya saing, rendahnya indek pembangunan juga termasuk rendahnya rasio gizi bagi masyarakat.

“Jadi fasilitas itu juga berpengaruh penting, tapi kalau fasilitasnya saja sudah tidak bisa maksimal dimanfaatkan maka kekhawatiran itu akan terjadi,” jelasnya.

Politisi asal Partai Golkar itu menyampaikan hal tersebut merupakan bentuk perhatiannya terhadap pengembangan SDM masyarakat Kaltim untuk dapat bersaing menghadapi kedatangan Ibu Kota Negara (IKN)

Maka dari itu ia berharap hal ini dapat menjadi perhatian serta prioritas bagi Pemprov Kaltim untuk dapat mengalokasikan anggaran untuk pengembangan fasilitas atau bahkan memanfaatkan sejumlah aset milik Pemprov Kaltim yang saat ini masih belum terpakai untuk dijadikan perpustakaan yang representatif. Belum lagi mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) 2022 mengalami peningkatan dimana besaran nilai itu sebesar Rp 14,87 triliun.(Rf/Adv/DPRDKaltim)

BACA JUGA :  Komisi IV Bahas Finalisasi Draft Perda Pengarusutamaan Gender

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

73 − 70 =

Back to top button